Jumat, 26 Februari 2021

Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Kecerdasan Otak

makanan bernutrisi tinggi

Memiliki tubuh ideal dan sehat tentunya menjadi keinginan setiap orang, akan tetapi gaya hidup yang kurang sehat dengan konsumsi makanan junk food justru menjadikan kondisi tubuh sebaliknya. Dari itu sebagai salah satu cara tepat dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan ideal tentunya dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi bisa memberikan pengaruh yang kuat untuk kondisi tubuh, terlebih dengan anda rajin melakukan olahraga tentunya juga bisa menghindari diri dari berbagai penyakit.

Makanan bernutrisi tinggi juga penting diberikan bagi anak-anak karena berpengaruh juga untuk kecerdasan otak. Sehingga bagi orang tua sangat penting memperhatikan bagaimana asupan makanan yang memiliki nutrisi tinggi kecerdasan anak-anaknya. Pilihan makanan yang tepat guna menunjang kecerdasan penting dilakukan untuk asupan nutrisi yang dibutuhkan. Dan untuk memudahkan dalam memberikan makanan dengan nutrisi tinggi bagi kecerdasan otak berikut ini beberapa diantaranya.

makanan bernutrisi tinggi

Kacang hijau. Mengkonsumsi kacang hijau bagi anak sangat penting dalam memberikan nutrisi penting untuk otak. Pada kacang hijau terkandung zat besi, potasium, magnesium, fosfor, tembaga, mentega, vitamin C, asam folat, dan thiamin. Berbagai nutrisi tersebut sangat penting dalam perkembangan otak sehingga kecerdasan anak terus meningkat. Untuk memberikan kacang hijau juga bisa dibuat berbagai olahan seperti kue kacang hijau atau yang mudah dengan bubur kacang hijau.

Telur. Kandungan dalam telur kaya akan protein yang membantu untuk kecerdasan otak. Selain itu berbagai nutrisi lainnya seperti kolin yang terkandung dalam kuning telur juga berpengaruh besar untuk perkembangan otak anak. Untuk mengolahnya sendiri telur dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak dan disukai anak, seperti membuat telur mata sapi atau omlet.

Sayuran berwarna. Berbagai jenis sayuran berwarna dapat dengan mudah ditemukan disekitar kita misalnya bayam, wortel, brokoli, tomat, dan yang lainnya. Kandungan nutrisinya pun sangat lengkap sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Manfaat konsumsi dari sayuran berwarna ini juga beragam selain untuk kecerdasan otak juga membantu dalam perkembangan fisik dan psikis anak. Jadi jangan lupakan menu sayuran disetiap makanan anak setiap hari.

Ikan. Berbagai jenis ikan bisa menjadi pilihan untuk konsumsi anak, akan tetapi untuk kandungan nutrisinya yang tinggi bagi kecerdasan otak anda dapat memilih jenis ikan salmon atau sarden. Dalam ikan salmon terkandung asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja otak. Untuk pengolahannya anda dapat menyajikan ikan dengan berbagai menu spesial yang disukai anak.

Susu dan produknya. Kandungan dalam susu kaya akan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, misalnya vitamin B, D, protein, dan yang lainnya. Manfaat dari susu sendiri selain baik untuk fisik juga bagi otak bisa berpengaruh untuk perkembangannya. Selain itu berbagai produk turunan dari susu seperti yogurt, keju, dan yang lainnya juga bisa menjadi pilihan untuk konsumsi makanan anak anda. Susu juga menjadi penyempurna hidangan makanan dengan 4 sehat dan 5 sempurnanya. 

Rumput laut. Rumput laut merupakan jenis makanan yang kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh, kandungan nutrisi yang ada pada rumput laut juga bisa berpengaruh untuk kecerdasan otak anak. Terlebih lagi anda dapat dengan mudah menyajikan rumput laut untuk anak dengan mengolahnya menjadi makanan yang disukainya seperti membuat agar-agar, kue, dan yang lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar