Kamis, 04 Maret 2021

Buah Dan Sayur Yang Baik Untuk Mencegah Anemia Pada Bayi

mencegah anemia

Anemia atau penyakit kekurangan darah, tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Tetapi bayi yang dalam kandungan atau yang sudah lahir juga bisa mengalami anemia. Mencegah anemia pada bayi tentu berbeda jauh dengan orang dewasa. 

Karena tidak boleh asal dalam pemberian obat untuk mencegah anemia pada bayi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anak. Atau Anda juga bisa memberikan buah-buahan dan sayuran yang bisa membantu mencegah bayi terkena anemia.

Mencegah Anemia Pada Bayi Dengan Buah Dan Sayur

Biasanya dokter anak akan memberikan masukan pada ibu untuk memberikan bayi buah dan sayur yang dipercaya mampu untuk mencegah bayi anemia. Dan berikut ini ada beberapa jenis buah dan sayur yang bisa Anda manfaatkan agar bayi tidak mudah terkena anemia, yang diantaranya adalah :

mencegah anemia

Bayam

Bayam merupakan salah satu dari sayuran yang dianggap mampu untuk mencegah anemia pada bayi. Pemberian sayur bayam bisa Anda lakukan saat memberikan MPASI. 

Kandungan zat besi pada bayam sangat baik bagi pertumbuhan tulang bayi. Selain zat besi, bayam juga mengandung vitamin C, yang mana kandungan pada vitamin C mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anak.

Kandungan zat besi yang ada pada bayam bisa membantu proses pembekuan darah saat anak mengalami luka, serta juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada bayi yang baru tumbuh gigi. 

Jeruk

Memaksimalkan asupan zat besi pada tubuh anak adalah dengan memberikan asupan makanan yang mengandung zat besi dan kaya akan kandungan vitamin C. 

Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang utama. Namun kandungan vitamin C yang ada pada jeruk mampu untuk membantu penyerapan zat besi dalam usus bayi.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk juga membantu tubuh untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dan mencegah bayi dari gejala anemia.

Kacang-kacangan

Harus diketahui bahwa bayi adalah yang paling berisiko terkena anemia defisiensi besi. Dan cara mencegahnya adalah dengan memberikan bayi makanan berupa kacang-kacangan yang mengandung zat besi tinggi.

Dimana kandungan yang ada pada kacang-kacangan banyak mengandung mikronutrien, asam amino, berikut dengan vitamin B yang sangat baik untuk dijadikan sumber zat besi.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan bila Anda menambahkan kacang-kacangan sebagai asupan harian anak. Dengan demikian dapat mengoptimalkan sistem peredaran darahnya agar mampu untuk bekerja lebih optimal.

Bubur Cerelac dengan varian kacang-kacangan pun memiliki kandungan yang baik untuk bayi guna sebagai cara mencegah anemia pada bayi. Bagaimana, semoga ulasan diatas dapat membantu dan memberikan informasi yang tepat untuk Anda ya!

0 komentar:

Posting Komentar