Jumat, 20 November 2020

Manfaat Dongeng Anak untuk Masa Pertumbuhannya

Anak jika sudah menginjak umur 1 – 3 tahun, mungkin mam perlu tahu bahwa anak ketika sudah berumur segitu, mungkin sudah sangat aktif – aktifnya ya mam. Mam harus selalu aktif dalam mengikuti perkembangan anak ya, karena di umur tersebut merupakan masa dimana anak sangat aktif – aktifnya. Rasa keingintahuan terhadap sesuatu sangatlah besar, jadi wajar anak sering minta kesana kemari jika melihat sesuatu yang disukainya. Karena anak sangat aktif, mam juga harus ikut aktif juga ya. Mungkin dalam umur segitu mam bisa memberikan sesuatu yang disukai anak, semisal menceritakan dongeng anak sebelum tidur. Karena anak sangat menyukai sebuah cerita dongeng dari orang tua. Dan banyak sekali manfaat yang didapat dari dongeng untuk anak. 

Manfaat Memberikan Dongeng Kepada Anak


Mendapatkan nilai – nilai budi pekerti dan kehidupan 

Bukan hanya sebagai hiburan saja, sebagian besar dongeng juga bisa menjadi sebuah sarana dalam anak untuk mempelajari suatu hal, dan dalam dongeng biasanya memuat sejumlah hal yang baik seperti contoh dongeng kura – kura dan kelinci, yang di dalamnya mengandung makna sebuah sikap sombong dari kancil yang yakin menjadi pemenang melawan kura – kura yang lambat itu, namun ternyata di akhir cerita si kura – kura lah yang menang melawan si kancil tersebut karena si kancil tertidur ketika di tengah jalan.

Mengembangkan imajinasi 

Saat mendengarkan dongeng anak, secara tidak langsung hal tersebut akan membangkitkan sebuah imajinasi yang luar biasa terhadap anak. Di saat anak membayangkan sebuah cerita dari dongeng tersebut secara refleks anak akan langsung berimajinasi menempatkan dirinya berada dalam sebuah cerita tersebut. Dan tentu hal itu sangat bermanfaat sekali, karena jika anak mempunyai imajinasi yang tinggi, anak akan sangat cepat berkembang.

Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa

Kenapa dongeng anak mempunyai manfaat dalam meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, karena di masa kini dongeng tidak hanya sebuah tulisan saja akan tetapi dongeng sudah ada dalam sebuah bentuk cerita video, jika mam ingin mendapatkan video dongeng untuk anak mam bisa membeli susu Dancow untuk anak umur 1 – 5 Tahun dan dapatkan video menarik dongeng untuk anak. 

0 komentar:

Posting Komentar