Kamis, 19 November 2020

4 Faktor Ini Memengaruhi Harga Cincin Berlian, Harus Tahu!

Sebagai batu permata bernilai jual tinggi, berlian tidak hanya cocok digunakan untuk mempercantik penampilan, tetapi juga investasi. Selain mahal, harga berlian juga lebih stabil dan cenderung mengalami peningkatan. Kenaikan harga berlian tentu saja berdampak pada harga cincin. Namun perlu diketahui bahwasanya peningkatan harga cincin berlian ini pun dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

Faktor yang Berpengaruh pada Harga Berlian

Secara umum, mahal atau tidaknya harga cincin berlian dipengaruhi oleh jenis logam, bentuk dan ukurannya. Selain itu, tentu saja desain berlian yang digunakan. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi harga berlian.

Berat Berlian

Faktor utama yang sangat berpengaruh pada harga berlian tentu saja beratnya. Semakin berat berlian pastinya harganya akan semakin melambung. Selain itu, juga dipengaruhi oleh karat permata yang digunakan. Nantinya, semakin tinggi karat pada berlian tersebut, maka akan semakin mahal juga harganya.


Kejernihan Berlian

Meskipun menurut orang awam berlian terlihat sama, namun sebenarnya memiliki tingkat kejernihan yang berbeda-beda. Kejernihan ini pun akan berpengaruh pada kilau yang dihasilkan. Tidak mengherankan jika faktor ini seringkali dijadikan acuan untuk menilai kualitas berlian. Nantinya, berlian yang memiliki kejernihan tinggi berarti tidak memiliki cacat bawaan. Selain itu, tentunya tidak ada kandungan mineral bawaan pada permata tersebut.

Tampilan Berlian

Berlian memiliki tampilan yang beragam dan nantinya akan berpengaruh pada harganya. Secara umum, potongan berlian dibedakan menjadi potongan bulat (round), princess, cushion, emerald, asscher, radiant, oval, marquise, pear dan hati (heart). Potongan berlian yang simetris akan membuat harganya lebih mahal. Selain itu, harga berlian pada cincin juga dipengaruhi oleh proporsi penempatan crown. Bahkan, tren perhiasan berlian juga bisa berdampak pada harganya.

Sertifikat

Permata alam berlian tidak mudah didapatkan, namun memiliki banyak peminat. Oleh sebab itu, tidak sedikit tangan-tangan jahat yang melakukan pemalsuan.  Sebagai bentuk perlindungan, saat ini telah banyak lembaga khusus untuk mengeluarkan sertifikat berlian. Beberapa lembaga ternama yang memiliki kewenangan yaitu American Gem Society (AGS) dan Gemological Institute of America (GIA). Nah, sertifikat ini pun bisa memengaruhi nilai berlian. Diantara banyaknya lembaga, GIA merupakan yang paling dikenal dan terpercaya di dunia.

Produk Cincin dengan Berlian Asli untuk Hadiahi Pasangan

Agar tidak mengalami kerugian secara finansial, tentunya Anda harus cermat dalam membedakan berlian asli dan palsu. Nah, agar lebih aman sebaiknya membeli di toko perhiasan terpercaya seperti mondial jeweler.

Mondial jeweler menawarkan banyak pilihan cincin bertahtakan berlian cantik dan menggemaskan. Bahkan, ada juga varian limited edition yang dapat dijadikan sebagai modal investasi bermanfaat. Nah, bagi yang bosan dengan bentuk cincin lingkaran penuh bisa mencoba produk Mondial Dream.

Mondial Dream merupakan cincin berbentuk ¾ lingkaran sehingga nantinya akan ada bagian yang hanya menampilkan jari-jari manis Anda. Cincin ini memiliki dua mata berlian yang terpisah di kedua ujungnya. Kedua permata tersebut didesain dengan model berbeda sehingga tidak membosankan saat dilihat.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba produk Reinette Collection dimana di bagian tengahnya dibentuk menyerupai pita. Di bagian tengah dan sisi kiri maupun kanan pita dibubuhi berlian yang cantik. Untuk menghindari kesan monoton, cincin ini diberikan sentuhan emas berwarna kuning.

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga cincin berlian. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar