Selasa, 22 September 2020

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak 1 Tahun

 



Pertumbuhan dan perkembangan sangat erat kaitannya dengan berbagai macam perubahan yang terjadi terhadap fisik dan kemampuan. Perkembangan sendiri mengacu pada sebuah kemampuan yang dimiliki oleh anak dalam melakukan sebuah kegiatan yang spesifik. Hal ini diatur oleh sistem di dalam tubuhnya untuk dapat mengatur segala fungsi anggota tubuh yang lain. Salah satunya adalah dalam hal berbicara. Orang tua perlu memberikan perhatian penuh terhadap tahapan perkembangan bahasa anak sebagai bekalnya dalam berkomunikasi dengan baik.

Setiap tahapan usia juga memiliki perkembangan bahasa yang berbeda-beda. Mulai dari semenjak kecil hingga dewasa kemampuannya tentu akan bertambah baik. Salah satu fase yang penting saat anak memasuki usia 1 tahun. Maka dari itu simak informasi di bawah ini mengenai perkembangan bahasa pada usia 1 tahun.



  • Mulai munculnya kemampuan pengucapan kata

Hal yang paling menonjol pada anak usia 1 tahun ke atas yaitu sudah memiliki tanda kemunculan kemampuan berbicaranya. Meskipun terdengar samar dan tidak jelas sepenuhnya. Tetapi ini menjadi sebuah awalan  yang baik dalam menopang perkembangan bahasanya di usia 3 bahkan 5 tahun. Ketika terbiasa melakukan pengucapan sebuah kata secara berulang-ulang tentu akan terlatih dengan baik.


Perkembangan bahasa pada fase ini dapat diajarkan mengenai kata-kata yang sederhana. Misalnya dalam menyapa Mam dan Pap dengan sebutan kesayangan. Ajarkan anak mencoba mengucapkan panggilan kepada Mam dan Pap. Lakukan secara rutin dan perlahan-lahan agar Si Kecil terbiasa dan selalu ingat kata-kata yang diajarkan tersebut.

 

Selain itu, metode yang digunakan juga berbeda-beda. Mam harus menyesuaikan dengan baik terhadap karakter Si Kecil. Gunakan metode yang sesuai dengan apa yang disukainya. Misalnya dengan menggunakan mainan yang dapat mengeluarkan suara dan sebagainya.

Kehadiran Wyeth Nutrition dengan produk varian  susu S-26 GOLD. Beberapa variannya diantaranya S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Susu S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD mengandung formulasi MULTIEXCEL™ αLipids System®. Hal ini dapat mendukung kemampuannya dalam belajar progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. Terus dukung Si Kecil dan berikan sebuah pembelajaran yang baik dalam memberikan kemampuan bahasa yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar