Minggu, 21 Juni 2020

Prospek Kuliah Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semua aktivitas akan terbantu dengan adanya teknologi tersebut. Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi aktivitas sehari-hari saja, tetapi juga mempengaruhi pola pikir anak-anak muda yang saat ini akan memasuki jenjang perkuliahan. Masuk kuliah dengan jurusan teknik informatika saat ini dianggap sangat keren, karena berhubungan dengan arus teknologi yang terus berkembang, dan juga mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Terlebih lagi dengan adanya revolusi industri 4.0 yang mengacu pada teknologi informasi tersebut. 

Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang didedikasikan untuk mempelajari cara terbaik menggunakan teknologi komputer untuk menangani masalah transformasi data atau masalah pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer agar optimal. Selama kuliah, Anda akan belajar banyak pemrograman dan komputasi. Tentu saja, Anda akan memiliki keterampilan untuk membuat perangkat lunak. 

Kemampuan yang harus Anda miliki ketika ingin menekuni teknik informatika antara lain : kemampuan untuk menganalisa, dapat berpikir logis, mempunyai cara berpikir yang sistematis, mempunyai kemampuan problem solving yang baik, mampu memahami bahasa pemrograman, mempunyai keterampilan rekayasa informatika, serta teliti dalam setiap hal. 

Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Mau Mendaftar Jurusan Teknik Informasi

Jika memang Anda berminat untuk kuliah pada jurusan teknik informatika, Anda memang dituntut untuk menguasai keterampilan-keterampilan diatas. Namun, hal tersebut masih bisa Anda pelajari di kemudian hari, ketika Anda sudah masuk kedalamnya. Seringkali beberapa lulusan SMA masih kepikiran mengenai syarat yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke jurusan tersebut. Sehingga mereka menanyakan ke forum-forum yang membahas tentang jurusan yang ada di perguruan tinggi. Nah, kali ini akan dirangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

Apakah harus menguasai bahasa pemrograman jika ingin kuliah teknik informatika ?

Banyak siswa SMA yang mengajukan pertanyaan tersebut ketika mereka ingin kuliah teknik informatika, dan merasa kurang percaya diri jika dibandingkan lulusan sekolah kejuruan karena mereka pikir mereka tidak memiliki pengetahuan dasar pemrograman komputer di SMA. Untuk bisa masuk kuliah teknik informatika, Anda tidak perlu menguasai pemrograman, sebab hal tersebut masih bisa Anda pelajari ketika sudah masuk jurusan tersebut. hal utama yang perlu Anda kuasai yaitu kemampuan untuk bernalar dan juga berhitung.

Dapatkah lulusan SMA non-IPA dan SMK non-Teknik untuk kuliah teknik informatika?
Tentu saja saya bisa! Selama Anda memiliki keterampilan berhitung, dan juga mempunyai penalaran yang baik , apakah Anda lulusan SMA atau lulusan SMK, Anda dapat mengambil pilihan untuk kuliah pada jurusan  teknik informasi. Bahkan lulusan dari Madrasah Aliyah (MA), juga bisa.

Apa yang dipelajari ketika kuliah teknik informatika ?

Secara umum, mata kuliah yang akan diambil ketika Anda kuliah teknik informatika pada kampus manapun, antara lain : Matematika (yang dipelajari pada semua jurusan teknik), Algoritma dan Pemrograman, Logika Informatika, Pemrograman Web, Pemrograman Java, Jaringan Komputer, dan sejenisnya. 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Industri teknologi informasi biasanya merupakan pilihan utama yang diimpikan oleh lulusan teknik informatika. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di perguruan tinggi, lulusan teknik informatika mempunyai nilai jual untuk menangani masalah teknologi informasi. Karena itu diperlukan lulusan teknik informatika untuk merancang dan membuat perangkat lunak, dan mengembangkan cara-cara baru dan efektif untuk menghadapi berbagai masalah komputasi. 

Jika ditanya bagaimana prospeknya, di era sekarang lulusan teknik informatika itu sangat dibutuhkan. Entah itu sebagai software developer, web developer, maupun jenis pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan teknologi informasi. Tidak perlu repot-repot mencari perusahaan IT, karena semua perusahaan saat ini membutuhkan software, dan juga website untuk dapat bersaing dalam era yang serba digital. 

Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Salah satu perguruan tinggi terbaik yang fokus pada jurusan teknik informatika adalah IDS Digital College. Pernyataan terbaik tidak serta merta, karena hanya berfokus pada satu jurusan tersebut. Tetapi juga perguruan tinggi tersebut juga mempersiapkan lulusannya agar dapat bersaing di dunia kerja yang sebenarnya. Selama kuliah, Anda tidak hanya fokus pada pembelajaran saja, tetapi juga ada bimbingan karir.

0 komentar:

Posting Komentar