Senin, 22 Juni 2020

Pesona Perhiasan Tradisional dan Perawatannya


perhiasan tradisional
Perhiasan sebagai mana namanya berfungsi sebagai penghias si pemakai. Berbagai macam desain cantik diciptakan untuk memenuhi tren fashion aksesoris perhiasan. Perhiasan, baik kalung, cincin, gelang, anting dan lainnya dengan desain yang menarik menambahkan percaya diri pemakainya. Berbagai inovasi desain yang diciptakan dan mulai menarik banyak minat adalah perhiasan tradisional

Indonesia dengan negara kepulauan, berbagai suku dan tradisi dan memiliki banyak pakaian tradisional termasuk perhiasan yang melengkapinya. Desain perhiasan tradisional dari berbagai daerah nusantara ini dihadirkan the palace jeweler. Perhiasan dengan desain khas berbagai daerah ini selain cantik juga memiliki kesan budaya yang unik dan magis.

Pesona Perhiasan Tradisional

Baik perhiasan dengan desain modern maupun desain tradisional memiliki keistimewaan masing-masing untuk dipilih. Perpaduan keduanya juga menjadi nilai jual yang sangat menawan dengan motif etnik dan modern. Sebagaimana warisan budaya, desain perhiasan nusantara merupakan kekayaan yang mewakili warisan budaya. Dengan  menampilkan motif tradisional untuk perhiasan yang digunakan sehari- hari membuat penampilan pemakainya tampak anggun dan menawan.

Sebagai mana kerap terlihat pada pengantin dengan pakaian adat tradisional yang tampak menawan dan secara magis berbeda dengan mengenakan pakaian biasanya. Begitu pun perhiasan yang diambil dari inspirasi perhiasan khas budaya nusantara, dapat membuat penggunanya lebih menawan 
bagaikan pengantin tradisional.

Pesona perhiasan dengan motif etnik atau tradisional ini ada banyak sekali. Di antaranya:
Mempercantik penampilan untuk digunakan untuk acara penting
Mengenalkan warisan budaya berupa perhiasan motif tradisional pada mancanegara
Mengenalkan motif tradisional kepada kalangan muda
Menunjukkan kekayaan budaya Indonesia dengan banyaknya motif yang mewakili berbagai daerah di Indonesia.

Perawatan Perhiasan Tradisional


Sebagaimana perhiasan emas dan bahan berharga lainnya, perlu dilakukan perawatan pada perhiasan dengan desain tradisional. Perawatan tersebut berfungsi untuk menjaga kualitas perhiasan seperti agar warnanya tidak pudar dan lain sebagainya. Tentu Anda tidak ingin perhiasan kesayangan menjadi tidak menawan karena kesalahan dalam perawatan. Selain dapat merusak penampilan, kesalahan perawatan dapat mempengaruhi nilai jualnya.

Beberapa cara perawatan untuk menjaga kualitas perhiasan di antaranya sebagai berikut:
Jangan simpan perhiasan di dekat bahan kimia
Simpan perhiasan dalam kotak terpisah agar terhindar dari goresan karena bergesekan dengan perhiasan atau benda lain.
Jangan pakai perhiasan saat tidur, sebab selain dapat melukai tubuh, juga memungkinkan merusak bentuk perhiasan. 
Jika perhiasan menggunakan batu, misalkan bacan, Anda dapat menggosoknya dengan kain untuk menjaga warnanya tetap cemerlang.
Gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan perhiasan. Anda dapat membuat larutan pembersih tersebut untuk merendam perhiasannya, gunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela perhiasan.

Perhiasan dengan motif tradisional menarik untuk dimiliki. Keindahan warisan budaya Indonesia dari berbagai daerah ini layak menjadi koleksi. Perhiasan dengan aneka motif tradisional ini dapat ditemukan dalam koleksi perhiasan yang dirilis The Palace Jeweler. Berbagai perhiasan gelang, kalung, cincin serta Anting dengan aneka motif tradisional tersebut diberi nama Nusantara sebab diambil dari berbagai motif perhiasan daerah di wilayah Indonesia atau Nusantara.

Koleksi perhiasan motif tradisional tersebut dibagi ke dalam tiga seri yakni seri Nusa, Seri Anta, dan Seri Tara. Anda dapat menemukan berbagai keindahan khas Nusantara dalam koleksi perhiasan tradisional. Selain sebagai koleksi, membeli perhiasan dapat sebagai investasi jangka panjang. Sebab perhiasan dapat dijual saat dibutuhkan dan memiliki nilai jual yang stabil.

0 komentar:

Posting Komentar