Selasa, 11 Februari 2020

Yuk! Ketahui Apa Saja Yang Dipelajari Di Sekolah Film Terbaik

Sekolah Film Terbaik

Bagi kamu yang sekolah jurusan perfilman tentu saja sudah hafal dengan apa-apa yang dipelajari sehari-hari. Namun lain halnya dengan kamu yang masih ingin atau baru sekedar berniat untuk mengambil kuliah jurusan perfilman. Tentu saja kamu masih bertanya-tanya apa saja sekiranya yang akan kamu pelajari nantinya. Dalam tulisan ini dibahas mengenai apa saja yang dipelajari oleh anak perfilman sehari-hari ketika sekolah. Namun sebelum itu sebaiknya kamu tahu dulu dimana sekolah film terbaik di negeri ini, tentu saja jawabannya adalah IDS atau International Design School. 

IDS merupakan sekolah di bidang perfilman terbaik, selain menyediakan tenaga pengajar yang kredibel juga didukung oleh program unggulan untuk siswa dan siswinya. Nah, berikut ini beberapa hal yang dipelajari siswa dan siswi IDS yang sekolah pada bidang perfilman, diantaranya adalah:

Sekolah Film Terbaik




Producing


Untuk pertemuan pertama kamu akan diajari tentang dasar-dasar produksi audio visual hingga pasca produksi. Untuk dasar-dasar manajemen produksi juga diajarkan pada siswa dan siswinya pada tahap producing ini. Dalam proses pengajaran menggunakan sistem peran seorang Asisten Sutradara sampai dengan call sheets, breakdown script, jadwal produksi sampai dengan finalisasi Buku Administrasi Produksi,

Screenwriting


Hal kedua yang dipelajari di sekolah film terbaik IDS ini adalah screenwriting yang merupakan mata kuliah wajib. Pada tahap ini kamu akan diajari tentang penulisan skenario. Dikenalkan dan membedah teori dasar Hero’s Journey, develop ide dasar, karakterisasi, Logline, dasar pemetaan cerita, Struktur 3 babak, Premis, dan treatment. Semua hal ini akan dipelajari sampai siswa dan siswi mahir dalam hal menulis skenario.

Film history


Di IDS siswa dan siswinya akan mendapatkan pelajaran mengenai sejarah film nasional dan dunia. Pada pelajaran ini kamu akan mengetahui bagaimana perkembangan dunia perfilman dari tahun ketahun. Mulai dari teknologi, Hollywood System, French New Wave, Masa Independent Modern Hollywood dan sebagainnya.

The Tools of Director


Pada mata kuliah ini kamu diajari tentang peranan seorang Sutradara Film, juga metode apa saja yang wajib dipersiapkan oleh seorang Sutradara. Diantaranya meliputi membuat script breakdown, membedah storyboard, dan menyiapkan breakdown karakter. Dalam mata kuliah ini nantinya kamu akan membedah script, membuat visualisasi konsep, membloking pemain, sampai belajar dasar-dasar akting untuk mengarahkan aktor atau aktris.

Cinematography


Yang dipelajari dalam mata kuliah Cinematography ini adalah sejarah dari kamera film sampai digital, serta peran dari seorang sinematografer. Pada mata kuliah ini kamu akan memperoleh dan mempelajari teori konsep visual, dasar-dasar dalam memakai video kamera, membaca storyboard, sampai dengan mempelajari pembuatan konsep visual dari script. Kemudian mengerjakan eksekusi pada saat produksi film berlangsung.

Post Production


Hal yang dipelajari di sekolah film terbaik selanjutnya adalah post production, dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari sejarah film editing. Dasar-dasar dari software editing non linear, Editing Continuity, teori eksekusi dari Dimensi Editing, Metode Montage, Juxtaposisi serta merangkai narasi fiksi.

Sound Production 1


Pada Sound Production 1 ini akan dipelajari tentang field sound recording. Yaitu kamu akan mempelajari berbagai macam metode merekam suara di lapangan, tipe-tipe microphone hingga teori suara. Selain itu juga mempelajari tipe-tipe mixer lapangan serta melakukan tugas praktek di dalam maupun di luar kelas. 

Demikian ketujuh hal dasar yang akan kamu pelajari jika kuliah jurusan perfilman di IDS.






0 komentar:

Posting Komentar