Jumat, 15 Desember 2017

Cara Mengelola Kesehatan Saluran Pencernaan

Cara Mengelola Kesehatan Saluran Pencernaan
Bila kinerja saluran pencernaan Anda sedang tidak baik, tubuh akan mengirimkan sinyal yang jelas, seperti mengeluarkan gas yang berlebihan, kembung, keasaman tinggi, sering kehilangan gerakan, atau ketidakteraturan usus. 

Kita sering berasumsi bahwa kondisi ini berada di luar kendali kita. Tapi sebenarnya adalah tergantung polah hidup kita. Melalui beberapa perubahan gaya hidup sederhana dalam diet dan aktivitas fisik, Anda dapat membantu sistem pencernaan sehat. 
Cara Mengelola Kesehatan Saluran Pencernaan
Nah, berikut ini gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan setiap hari : 

Minum banyak air Dehidrasi diketahui mendatangkan bahaya pada sistem pencernaan. Anda perlu minum minimal 2 liter air per hari agar sistem pencernaan terhidrasi dengan baik. Saluran pencernaan menggunakan air untuk mendorong limbah yang dicerna melalui sistem dan mengubahnya menjadi bentuk yang mudah dihilangkan. Asupan air yang rendah secara terus-menerus menyebabkan sembelit dan penumpukan racun di dalam tubuh. 

1. Hindari makanan yang mengganggu saluran pencernaan 

Beberapa orang bisa mentolerir rempah-rempah dan yang lainnya tidak bisa. Pahami apa yang sesuai untuk tubuh Anda dan makanlah sesuai dengan itu. Zat yang sering tidak sesuai untuk semua orang adalah cabe merah, bumbu panas, kafein, alkohol, makanan pencuci mulut yang kaya akan gula dan lemak. Zat lain yang mengiritasi saluran pencernaan adalah nikotin dan beberapa jenis obat. Sementara makanan pedas bisa mengiritasi lapisan perut bagi beberapa orang. 

2. Tambahkan serat dalam menu harian 

Rencanakan makanan Anda untuk memasukkan makanan kaya serat seperti biji-bijian, oatmeal, kacang-kacangan, kacang-kacangan, buah dan banyak sayuran. Serat makanan membantu memastikan bahwa saluran pencernaan Anda bekerja dengan baik. 

Hal Ini memastikan bahwa proses pencernaan bergerak dengan kecepatan yang memungkinkan tubuh dalam menyerap nutrisi secara efisien dari makanan yang tertelan. Serat makanan juga membantu mengatur konsistensi tinja dan pergerakan makanan melalui sistem. 

3. Berolahraga dan tingkatkan tingkat stres 

Terlalu banyak stres atau kecemasan menyebabkan sistem pencernaan Anda mengalami overdrive. Stres mempengaruhi permeabilitas saluran pencernaan, menyebabkan ketidakseimbangan bakteri usus dan meningkatkan risiko peradangan. 

Olahraga setiap hari telah terbukti mampu mengatasi stres ini secara efektif, mengembalikan keseimbangan pada kesehatan fisik, mental dan emosional. Tambahkan pula susu Dancow untuk membuat tubuh lebih sehat. Susu Dancow mengandung banyak nutrisi yang ramah untuk saluran pencernaan.

0 komentar:

Posting Komentar