Jumat, 16 Oktober 2015

Resep Masakan Sehari-Hari Yang Praktis, Membuat Pempek Palembang

Resep masakan sehari-hari yang praktis - pempek merupakan salah satu makanan khas palembang, maka tak heran jika dijalanan banyak yang menyuguhkan jajanan yang satu ini dengan nama jual pempek palembang, karena asal muasal mpe-mpe tersebut memanh dari daerah Palembang. Pempek bisa menjadi salah satu menu masakan sehari-hari untuk menemani waktu senggang anda dan keluarga, apalagi pempek sangat cocok disajikan saat udara dingin dan cuaca hujan.

Karena mpe-mpe biasanya disajikan hangat dan berkuah. Pempek bisa menjadi pilihan resep masakan sehari-hari yang praktis, dikatakan praktis karena semua bahan dasarnya memang tersedia di pasar dan tidak sulit mencarinya meskipun dalam penyajiannya memang sedikit rumit, atau ribet lebih pas nya. Berikut akan disajikan cara membuat pempek Palembang yang enak : Bahan : - 1,5 kg tepung sagu - 1 kg ikan belida yang telah digiling sebelumnya (jika tidak ada, anda bisa menggantinya dengan jenis ikan gabus atau ikan tenggiri.

Karena kedua ikan tersebut memiliki tekstur yang hampir sama dengan ikan belida) - garam secukupnya - 1 bungkus bumbu penyedap - 1 cangkir air es matang - air rebusan yang telah di beri 2 sdm minyak goreng - 250 gr gula aren - 50 gr air asam jawa - 100 ml air matang - 200 gr bawang putih yang telah diiris - 1 sdm ebi yang telah dihaluskan - 5 buah cabai rawit merah yang telah diiris Cara membuat :

Membuat pempek - ambil wadah yang sedang kemudian masukkan ikan belida yang telah digiling setwlah iti masukkan garam, air es, dan penyedap kemudian aduk sampai merata. - kemudian tambahkan tepung sagu pada adonan di atas terus aduk sampei adonan kenyal. - taburi tangan dengan tepung kemudian uleni adonan di atas dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan, lakukan hal ini sampai adonan habis - setelah itu masukkan adonan pempek tersebut pada panci yang telah diberi air sebelumnya dan dipanaskan. Rebus pempek sampai matang kemudian tiriskan.

Membuat kuah cuka pempek - siapkan panci yang telah diisi air secukupnya simpan di atas perapian sedang kemudian masukkan gula aren dan asam jawa, masak hingga mendidih. - masukkan garam, bawang putih, cabai rawit merah dan ebi ke dalamnya, masak kembali samapai mendidih. Setelah itu tiriskan cuka pempek. Demikian cara membuat pempek dan cuka atau kuahnya. Anda bisa mencobanya di rumah.