Senin, 03 April 2023

4 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Ada di Indonesia

 


Pada kondisi tertentu, Anda mungkin akan membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Di Indonesia sendiri cukup banyak pilihan pinjaman dana tunai yang bisa membantu memenuhi semua kebutuhan Anda. Namun setiap produk pinjaman memiliki syaratnya masing-masing. Ketahui apa saja jenis pinjaman tersebut agar bisa memilih yang terbaik. Langsung saja, berikut ini 4 jenis pinjaman yang bisa Anda pilih:

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jenis pinjaman pertama yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan Anda adalah kredit tanpa agunan atau KTA. Sesuai namanya, melalui jenis kredit ini Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu memberikan agunan atau jaminan. Kelebihannya yaitu siapa saja bisa mengajukan pinjaman meskipun tidak memiliki aset untuk dijaminkan. Namun biasanya KTA menerapkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya.

Kredit Multiguna

Berbeda dengan KTA yang tidak menggunakan jaminan, kredit multiguna menggunakan jaminan atau agunan. Karena ada agunan inilah dana yang dipinjamkan bisa dipakai untuk berbagai hal, termasuk tujuan yang sifatnya konsumtif. Kelebihan lain dari kredit multiguna yaitu mendapatkan pinjaman besar dengan proses yang cepat. Namun Anda harus membayar angsuran tepat waktu agar aset tidak disita. Beberapa jenis aset yang bisa dijadikan jaminan yaitu BPKB motor, BPKB mobil, sertifikat rumah, dan sertifikat tanah. 



Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR merupakan jenis pinjaman modal usaha yang ditujukan hanya pada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi). Berbagai macam usaha bisa mengajukan pinjaman mulai dari perikanan, pertanian, kehutanan, bahkan usaha simpan pinjam. Terdapat dua jenis KUR yaitu KUR Mikro untuk pengusaha kecil dan KUR Ritel untuk pengusaha kecil dan menengah.

Pinjaman Online

Jenis pinjaman terakhir merupakan jenis pinjaman yang paling populer di era digital. Anda bisa mengajukan pinjaman secara online untuk mendapatkan dana tunai. Namun pastikan lembaga yang dipilih sudah berizin OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar tidak tertipu pinjol ilegal.

Itulah 4 jenis pinjaman dana tunai di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Jika mencari lembaga keuangan yang menawarkan berbagai macam jenis pinjaman, Anda bisa memilih Kreditplus. Pengajuan di tempat ini bisa dilakukan secara online maupun offline dengan sangat mudah.

0 komentar:

Posting Komentar