Selasa, 02 November 2021

6 Daftar Lengkap Makanan Bernutrisi Tinggi

Konsumsi makanan tidak hanya mementingkan akan rasa atau tampilan dari makanan tersebut, lebih dari itu ada hal penting yang seharusnya menjadi perhatian utama saat mengkonsumsi makanan. Yang utama saat mengkonsumsi makanan justru pada pemenuhan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut apakah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Dari itu dari awal sebaiknya dipilih makanan bernutrisi tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan harian nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ada berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi yang bisa menjadi pilihan menu makanan untuk sarapan¸ makan siang, atau juga makan malam. Ini karena kandungan nutrisinya yang lengkap dan pastinya disukai setiap orang. Dan berikut ini kami tampilkan beberapa jenis makanan bernutrisi tinggi yang bisa menjadi menu makan sehat anda.

Makan buah-buahan. Berbagai jenis buah-buahan bisa dengan mudah didapatkan dan sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan cuci mulut atau cemilan yang sehat. Ini karena dalam buah-buahan terkandung berbagai nutrisi lengkap seperti vitamin, serat, kalium dan yang lainnya. Beberapa jenis buah-buahan berikut ini juga wajib ada di rumah sebagai makanan bernutrisi untuk keluarga misalnya buah apel, jeruk, pisang, alpukat, beri-berian, dan yang lainnya. Pastikan sebelum mengkonsumsinya dalam keadaan bersih dari berbagai kotoran yang menempel.

Makanan laut dan ikan. Makanan bernutrisi tinggi lainnya yaitu dari ikan dan makanan laut (seafood). Jenis-jenis ikan merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan nutrisi bagi pertumbuhan anak dan kecerdasannya. Seperti sebagai sumber asam lemak omega-3 dan yodium yang sudah terbukti sebagai nutrisi penting untuk tubuh. Selain itu konsumsi makanan ini juga mengurangi resiko dari berbagai jenis penyakit seperti jantung.

Sayuran hijau. Berbagai jenis sayuran hijau bisa didapatkan seperti dari sawi hijau, bayam, kangkung, brokoli, dan selada. Dalam berbagai jenis sayuran tersebut terkandung nutrisi yang lengkap seperti serat, vitamin A, C, K, dan juga berbagai mineral lainnya. Konsumsi sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari berbagai kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kelompok makanan yang satu ini bisa sangat beragam jenisnya mulai dari kacang almond, kacang mete, kacang tanah, biji gandum, biji labu, sampai dengan biji wijen, semuanya terkenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan lengkap. Berbagai jenis makanan dari biji-bijian atau kacang-kacang kaya akan vitamin serta mineral seperti magnesium dan juga magnesium.

Daging. Konsumsi daging sangat penting untuk tubuh terutama jenis daging sapi yang tanpa lemak. Dalam daging terkandung protein dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang enak sehingga bisa diolah dalam berbagai jenis menu masakan. Selain itu jenis daging lainnya juga banyak mengandung manfaat untuk tubuh seperti daging ayam, kambing, dan yang lainnya. 

Susu. Rasanya tidak lengkap memasukan berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi tanpa memasukan susu. Dalam susu terkandung nutrisi lengkap mulai dari vitamin, mineral, protein hewani, lemak sehat, kalsium, dan yang lainnya. Konsumsi susu juga bermanfaat untuk kesehatan seperti kalsium untuk gigi dan tulang. Bagi anak-anak konsumsi susu sangat dianjurkan seperti dari produk Nutricia yang menghadirkan berbagai macam kebutuhan nutrisi bagi anak tumbuh maksimal dan sehat. Untuk konsumsi susu juga mudah karena sudah banyak produk turunan dari susu seperti yogurt dan keju. 

0 komentar:

Posting Komentar