Kamis, 16 September 2021

5 Cara Menjadi Penulis Skenario Film untuk Pemula

Terjun di bidang perfilman menjadi salah satu keinginan anak muda yang memiliki jiwa seni kekinian. Lulusan kuliah film bisa menjadi seorang produser, sutradara, kameramen, bagian produksi, dan lain-lain. Namun, Anda yang memiliki passion menulis dan bisa membuat dialog yang begitu lentur, maka bisa memilih karir sebagai penulis skenario film atau acara televisi lain. Kuliah di IDS Education dengan mengambil jurusan yang relevan akan mencetak Anda menjadi penulis skenario papan atas. 

Kiat menjadi penulis skenario 

Tugas seorang penulis skenario tidak hanya membuat dialog cerita saja, tetapi wajib mengembangkan riset untuk ide sebuah film, membuat kerangka kerja, diskusi dengan sutradara, dan lain-lain. Agar Anda bisa menjadi penulis skenario film papan atas, maka simak beberapa kiat menjadi penulis skenario untuk pemula berikut :

Punya keterampilan menulis

Tidak ada pendidikan khusus yang mengharuskan seorang penulis skenario belajar, tetapi mengambil jurusan kuliah di Perfilman dan Pertelevisian akan memberikan informasi berharga untuk Anda. Keterampilan khusus yang harus Anda miliki adalah kemampuan menulis yang baik dan benar. Tidak hanya menguasai kosakata saja, tetapi Anda harus mampu membangun cerita yang bagus dan menarik minat penonton tanpa bosan.

Kemampuan mengamati sekitar 

Anda juga wajib mengamati sekitar yang menjadi setting kisah film yang ditulis tersebut, bahkan penulisan cerita berbasis fantasi harus melakukan riset yang bagus. World building dari kisah fantasi harus benar-benar tersusun dengan apik, ya! Bila berasal dari lingkungan yang benar-benar dekat, maka penonton akan merasa cerita yang hidup.

Harus punya kreativitas tanpa batas

Seorang penulis skenario wajib memiliki kreativitas tanpa batas dalam mengolah ide menjadi jalan cerita yang menarik.  Menjadi penulis yang mampu membuat audiens tertarik dan menikmati jalan cerita tanpa bosan, maka potensi kemampuan menulis Anda digunakan para sutradara ternama sangat besar.

Punya keterampilan komunikasi dan bekerja sama yang baik 

Sebagai seorang penulis skenario, Anda tidak bekerja sendiri saja tapi harus sering berkomunikasi dengan pihak lain seperti produser dan sutradara. Jalinan komunikasi yang bagus bisa meningkatkan keterampilan Anda dalam membuat jalan cerita yang sesuai keinginan sutradara film atau acara televisi lain.

Mulai menulis dan mengajukan naskah ke rumah produksi

Sebagai pemula yang baru terjun ke dunia kepenulisan skenario, sebaiknya selalu belajar dari para senior. Selain kuliah film, ada banyak workshop, edukasi kepenulisan atau belajar dari platform digital kekinian tentang cara menulis skenario yang baik. Anda bisa mengembangkan kemampuan dengan cara mengikuti kompetisi menulis skenario film/ftv/acara televisi atau bisa mengajukan naskah ke rumah produksi terkait. 

Penulis skenario yang sudah bekerja sama dengan rumah produksi harus siap bekerja dibawah tekanan. Apalagi deadline pekerjaan yang sangat ketat membuat Anda harus siap bekerja lebih keras saat film atau sinetron kejar tayang disukai para penonton setia. Bisa jadi Anda harus siap bekerja lembur untuk menulis skenario per episode sinetron, mini series dan lain-lain. Tentu kesibukan Anda yang padat sebanding dengan nilai bonus yang diberikan per proyek skenario, ya!

Kini Anda wajib mengambil kuliah film di IDS Education yang akan memberikan materi dan wawasan seputar dunia film digital dewasa ini. Tidak hanya menjadi penulis skenario andal, Anda punya kesempatan bekerja sebagai bagian dari dunia perfilman Indonesia, bahkan bisa merambah luar negeri lho! Segera daftarkan diri Anda menjadi mahasiswa di jurusan yang bisa mengembangkan bakat seni, passion dan keterampilan Anda sesuai dengan keahlian masing-masing. 

0 komentar:

Posting Komentar