Jumat, 02 Juli 2021

Cara Menyembuhkan Alergi Sesuai Gejalanya

Alergi merupakan masalah gangguan kekebalan tubuh yang bisa diderita oleh anak-anak, remaja, maupun orang tua. Dibandingkan kelompok usia lainnya, anak-anak yang paling rentan terhadap alergi. Pasalnya sistem kekebalan tubuh mereka belum sempurna sehingga lebih mudah mendapatkan reaksi alergi apabila berdekatan dengan alergen. Anda sebagai orang tua pasti sangat khawatir apabila si Kecil mengalami alergi. Berikut ini ada cara menyembuhkan alergi sesuai dengan gejalanya yang bisa Anda ikuti:

Meredakan Gejala Alergi Pada Pencernaan

Salah satu reaksi alergi pada pencernaan yang sering terjadi adalah diare. Kebanyakan reaksi alergi ini terjadi akibat alergi makanan. Apabila si Kecil mengalami diare akibat alergi, cobalah menerapkan diet hambar pada mereka. Beberapa makanan yang disarankan yaitu pisang, nasi, roti panggang, dan saus apel. 

Selain diet hambar, Anda juga harus memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan air putih yang banyak. Apabila si Kecil merasa mual, sebaiknya minta mereka untuk beristirahat. Jauhkan sumber aroma tajam seperti pengharum ruangan, parfum, dan lain sebagainya. Pasalnya aroma tajam bisa membuat reaksi mual menjadi lebih buruk. 

Meredakan Gejala Alergi Pada Sinus

Sinus merupakan rongga yang terhubung melalui saluran udara yang berada di tenggorokan. Biasanya gejala alergi pada sinus berhubungan dengan gejala pernapasan ringan. Kebanyakan alergi ini disebabkan oleh bulu binatang atau udara berdebu. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan rumah dan memasang filter AC.

Anda bisa mencari obat yang dijual di pasaran namun sebaiknya minta resep dari dokter. Apabila ingin mencoba cara alami, Anda bisa memberikan botol berisi air panas pada si Kecil. Mintalah mereka untuk menghirup uap yang dikeluarkan. Uap tersebut nanti bisa membantu membuat sinus yang tersumbat menjadi lebih lega.

Meredakan Gejala Alergi Pada Kulit

Alergi pada kulit menjadi jenis alergi yang paling sering terjadi pada anak-anak. Biasanya hal ini terjadi karena anak memiliki kulit yang terlampau sensitif sehingga mudah mendapatkan reaksi alergi. Cara menyembuhkan alergi pada kulit yaitu menggunakan krim atau salep yang direkomendasikan dokter.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan air yang tepat ketika memandikan anak. Suhu air yang direkomendasikan adalah yang tidak terlalu hangat atau hanya di bawah hangat kuku. Memandikan si Kecil dengan suhu air yang tepat bisa membantu meredakan gejala gatal yang biasa terjadi saat si Kecil alergi. 

Tips Mencegah Alergi dengan Bahan Alami

Selain menghindari alergen atau faktor penyebab alergi, Anda bisa mencegah alergi dengan beberapa bahan alami berikut ini:

Jeruk nipis

Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menyembuhkan atau meredakan alergi. Caranya yaitu dengan mencampurkan perasannya dengan madu dan air hangat.

Kunyit

Kunyit juga baik untuk si Kecil yang mengalami alergi. Obat herbal ini mampu melegakan pernapasan serta meredakan reaksi yang terjadi akibat alergi.

Madu

Madu sudah dikenal luas sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu mengurangi alergi apabila dikonsumsi setiap hari.

Itulah penjelasan mengenai cara menyembuhkan alergi sesuai dengan gejalanya. Tips yang diberikan juga bisa membantu mencegah alergi kambuh pada si Kecil. Jika ingin memberikan obat atau salep untuk meredakan gejala alergi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Dokter bisa menentukan mana obat yang aman untuk si Kecil sehingga reaksi alergi tidak semakin parah.

Apabila Anda adalah profesional di bidang nutrisi anak dan pediatri yang ingin menambah ilmu dan wawasan, cobalah bergabung dengan Nutricia Professional. Anda akan belajar banyak mengenai ilmu baru berbasis penelitian ilmiah. Tersedia beberapa fitur yang bisa diakses jika menjadi bagian dari Nutricia Professional. Fitur tersebut yaitu E-Module, Web Seminar, Event Calendar, dan Expert’s Podcast. Bergabunglah dengan melakukan pendaftaran melalui website nutriciaprofessional.id.

0 komentar:

Posting Komentar