Senin, 14 Desember 2020

Fakta Penting Mengenai Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika

Di samping ilmu kedokteran, ilmu komputer menjadi bidang ilmu yang paling diminati saat ini. Hampir setiap tahun jurusan di bidang ilmu komputer terutama Teknik Informatika menjadi jurusan yang paling banyak diminati pada seleksi masuk perguruan tinggi. Namun meskipun memiliki banyak peminat, tidak semua dari mereka benar-benar tahu mengenai jurusan Teknik Informatika. Banyak juga yang mengambil jurusan ini karena sedang hits atau diminati.

Sebelum mengambil jurusan ini, ada baiknya Anda pahami beberapa fakta pentingnya terlebih dahulu. Selain membantu mempersiapkan diri untuk perkuliahan nanti, mengetahui fakta seputar Teknik Informatika juga membantu Anda tidak merasa salah jurusan. Sudah penasaran apa saja faktanya? Langsung simak pembahasan berikut:

Tidak Harus Bisa Pemrograman Terlebih Dahulu

Tidak sedikit yang merasa ragu mengambil jurusan ini lantaran belum memahami sama sekali mengenai pemrograman. Tenang saja, hanya sebagian kecil mahasiswa saja yang sudah mendapatkan ilmu pemrograman sebelum masuk perkuliahan. Jadi Anda yang tidak memiliki dasar pemrograman sama sekali tetap bisa mengambil jurusan ini.

jurusan teknik informatika

Pemrograman dasar akan diajarkan pada awal perkuliahan dengan konsep-konsep dasar untuk mahasiswa awam. Agar bisa memahami pemrograman dengan baik, Anda perlu memiliki kemampuan logika atau nalar dan juga matematika. 

Tidak Mempelajari Desain Grafis

Meskipun selalu bergelut dengan komputer, namun Anda tidak akan mempelajari desain grafis seperti Corel, Photoshop, After Effect, Illustrator, dan lain sebagainya. Jurusan tersebut menggunakan aplikasi untuk mengedit video ataupun foto. 

Sebaliknya, Teknik Informatika membuat aplikasi untuk digunakan secara umum. Jadi mahasiswa Teknik Informatika akan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk membuat aplikasi berbasis desktop, web, ataupun mobile. 

Namun terkadang ada beberapa perguruan tinggi yang memasukkan multimedia ke program studi di jurusan Teknik Informatika. Akan tetapi kebanyakan perguruan tinggi memasukkan multimedia pada jurusan Desain Komunikasi Visual, Animasi, dan Multimedia.

Bisa Dimasuki Segala Jurusan Sekolah Menengah

Teknik Informatika masuk ke rumpun Sains dan Teknologi yang lebih banyak dimasuki oleh lulusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Namun bukan berarti Anda yang berasal dari jurusan lain tidak bisa memasukinya. Anda tetap bisa memasukinya asalkan memiliki kemampuan logika dan matematika yang baik.

Selain itu, Anda tentu saja harus lolos ujian masuk sesuai dengan jurusan Sains dan Teknologi. Tidak hanya jurusan IPS saja, lulusan apapun dari Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK serta lulusan Madrasah Aliyah atau MA juga bisa mendaftar dan mengikuti seleksi.

Mata Kuliah yang Diajarkan

Mata kuliah yang diajarkan ini bisa memberikan gambaran apa saja kemampuan yang harus Anda miliki jika ingin menjadi mahasiswa Teknik Informatika. Semua jurusan di bidang ilmu komputer dan teknik pasti menggunakan matematika sebagai dasar. Selain matematika beberapa hal yang dipelajari yaitu algoritma dan pemrograman, logika informatika, pemrograman website, pemrograman java, dan jaringan komputer.

Peluang Kerja Lulusan

Teknik informatika merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja banyak sekaligus menjanjikan. Kebutuhan tenaga IT dengan posis yang beragam menjadi alasan mengapa jurusan ini memiliki peluang kerja menjanjikan. Beberapa peluang kerja tersebut yaitu software developer, game developer, web developer, mobile application developer, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa fakta penting yang perlu Anda pahami jika ingin kuliah di jurusan Teknik Informatika. IDS Digital College menawarkan program Sarjana untuk Teknik Informatika. Berbagai keunggulan yang dimiliki mampu membantu Anda menjadi ahli IT yang kompeten. Selain kurikulum berstandar internasional, IDS Digital College juga menerapkan sistem pembelajaran berkonsep real world assignment. Dengan ini maka Anda akan lebih siap menghadapi persaingan di bidang IT secara riil.

0 komentar:

Posting Komentar