Jumat, 23 Oktober 2020

Manfaat Musik untuk Perkembangan Otak Anak

Selain nutrisi otak yang cukup dan seimbang, si Kecil membutuhkan stimulasi agar perkembangan otak berjalan dengan optimal. Stimulasi bisa diberikan dalam bentuk permainan maupun kegiatan tertentu, salah satunya yaitu melalui musik. Banyak orang percaya bahwa musik menjadi stimulasi yang bagus untuk perkembangan otak anak sehingga diberikan ketika mereka masih di usia dini. 

Namun tentu saja musik yang diberikan tersebut harus sesuai dengan usianya. Jika diberikan dengan tepat, musik bisa memberikan banyak manfaat seperti berikut ini:


Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik mampu meningkatkan konsentrasi dan fokus pendengarnya, termasuk dengan anak-anak. Jika konsentrasi dan fokus terlatih maka si Kecil bisa mudah mengingat, berpikir, serta menganalisis dengan baik.

Meningkatkan Kreativitas

Manfaat musik untuk perkembangan otak anak selanjutnya adalah meningkatkan kreativitas si Kecil. Pasalnya, si Kecil yang tidak hafal lirik dari lagu yang didengarkan biasanya akan mengubah lirik sesuka hatinya. Selain itu, mereka juga bisa mengeksplorasi nada baru apabila diberikan alat musik.

Melatih Kemampuan Bahasa

Manfaat musik yang paling jelas terlihat adalah melatih kemampuan berbahasa. Ketika si Kecil menyanyi atau mendengarkan lirik mereka secara tidak sadar sedang belajar kata baru dari lirik tersebut. Semakin banyak si Kecil mendengarkan lagu maka semakin banyak pula kosakata baru yang didapatkan. Oleh sebab itu, pemilihan lagu juga penting untuk Mam perhatikan.

Meningkatkan Mood

Ketika musik masuk melalui bagian amygdala dan nucleus accumbens, musik bisa berpengaruh pada perasaan dan mood si Kecil yang mendengarnya. Musik kemudian akan mendorong pelepasan zat endorfin dan dopamin yang mendorong mood senang. Jadi tidak heran jika mereka yang mendengarkan musik memiliki mood yang bagus.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan jika memberikan musik pada si Kecil. Carilah musik yang tentu saja sesuai dengan usia si Kecil. Jika si Kecil sedang belajar berhitung atau membaca, Mam bisa memilihkan musik yang berhubungan dengan kedua hal tersebut misalnya seperti lagu ABC atau 123.

Agar stimulasi perkembangan otak anak yang diberikan optimal, Mam perlu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan makanan bergizi dan susu pertumbuhan. S-26 GOLD dari Wyeth Nutrition hadir untuk memenuhi kebutuhan Mam. Susu tersebut tersedia dalam dua varian yaitu S-26 Procal GOLD (1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (3-12 tahun).

0 komentar:

Posting Komentar