Rabu, 15 Januari 2020

Perkembangan Janin Minggu Pertama, Kedua dan Ketiga

perkembangan janin
Keberadaan janin di dalam perut Ibu yang sedang hamil tentunya harus dijaga dengan baik dari minggu ke minggu. Dalam menjaganya tersebut Anda sangat direkomendasikan untuk konsultasi ke bidansela.com. ini merupakan salah satu bidan dengan penanganan yang bisa Anda lihat secara online.

Perkembangan janin tersebut bisa Anda ketahui dari minggu ke minggu dengan sangat baik. Nah ini dia beberapa perkembangan yang perlu untuk ibu ketahui pada fase minggu pertama, kedua dan ketiga. Diantaranya yaitu:

Kehamilan Pada Minggu Pertama

Perhitungan untuk usia kehamilan ini dimulai pada hari pertama menstruasi terakhir, sebelum pada akhirnya menstruasi dapat dikatakan terlambat. Maka dari itu, dapat  dikatakan bahwasannya pada minggu yang pertama dan kedua, sebenarnya dalam hal ini Anda belum mengalami masa kehamilan. 
perkembangan janin
Kemudian apa yang terjadi pada minggu tersebut? Sesudah Anda mengalami proses pembuahan, maka terlebih dahulu akan terbentuk jaringan yang terdiri dari 100 sell yang pada nantinya akan menjadi cikal bakal dari janin. Sesudah membelah dan memperbanyak sel, maka calon janin atau embrio tersebut akan menempel ke dinding rahim, yaitu sebagai tempat untuk tumbuh kembangnya selama masa kehamilan terjadi.

Kehamilan minggu kedua

Berikutnya yaitu memasuki pada minggu yang kedua, untuk sel yang dimiliki oleh embrio ini mempunyai kurang lebih sebanyak 150 sel yang pada moment tersebut membentuk kurang lebih sebanyak tiga lapisan, yaitu mulai dari endoderm, mesoderm dan ectoderm. Dari lapisan-lapisan tersebut dibentuk oleh sel yang kemudian menjadi berbagai organ serta bagian tubuh bayi, yaitu seperti otot, tulang, jantung, kemudian sistem pencernaan, sistem reproduksi serta pembentukan pada sistem saraf.

Kehamilan minggu ketiga

Berikutnya pada minggu yang ketiga pada fase ini embrio berhasil menempel dengan sempurna ada pada rahim. Pada masa tersebut, embrio juga masih melakukan pembelahan dan perbanyakan sel, maka dari itu belum berbentuk seperti embrio atau bayi. Lapisan yang terluar dari embrio tersebut selanjutnya membentuk plasenta atau ari-ari. 

Kemudian pada tahap ini juga, berbagai organ tubuh sudah mulai dibentuk, seperti halnya otak, tulang belakang, kelenjar tiroid, organ jantung serta pembuluh-pembuluh darah. Pada fase ini ukuran embrio pada minggu ketiga sangat kecil sekali, yaitu hanya sebesar 1,5 mm.

Nah itulah perkembangan janin minggu pertama, kedua dan ketiga, pastikan selalu cek di bidansela.

0 komentar:

Posting Komentar