Kamis, 08 November 2018

Pemanfaatan Teknologi di Bidang Kesehatan

Pemanfaatan Teknologi di Bidang Kesehatan
Teknologi
Sudah sejak lama penggunaan teknologi dimanfaatkan dalam berbagai bidang, baik bidang pendidikan, keuangan, pertanian, hingga bidang kesehatan. Tak heran kalau kita berobat ke rumah sakit banyak sekali peralatan-peralatan medis yang sudah menggunakan teknologi, seperti salah satunya USG yang sering kita dengar. 

USG atau Ulta Sonografi kerap kali digunakan dalam pemeriksaan bagian organ dalam tubuh manusia yang memanfaatkan gelombang ultrasonik. Yang umum di masyarakat penggunaan alat USG ini adalah untuk memeriksa ibu hamil atau mengetahui janin di dalam perut ibu hamil. Teknologi di Bidang Kesehatan ini memang untuk mengetahui kondisi janin dalam perut ibu, mengetahui perkembangan janin, melihat kondisi organ tubuh manusia dan lain sebagainya.

Tak dapat dipungkiri kalau adanya perangkat teknologi ini sangat membantu manusia khususnya tenaga medis dalam mengidentifikasi penyakit atau gejala yang timbul pada tubuh manusia. Tak hanya USG saja, masih banyak perlengkapan medis yang menggunakan teknologi seperti mesin rontgen, CT Scan, Pen untuk mendeteksi penyakit kanker, dan lain sebagainya. 

Sebagai masyarakat modern saat ini memang sangat mudah sekali untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh, suatu penyakit atau gejala tertentu secara akurat menggunakan teknologi. Pemanfaatan teknolog ini berperan penting dalam setiap kehidupan manusia, apalagi dalam bidang medis atau kesehatan. 

Beberapa negara telah menerapkan teknologi untuk aktifitas bedah dengan menggunakan robot, jadi seorang dokter bisa berada di suatu tempat berbeda dengan pasien yang akan menjalani operasi, namun pengontrolan dan pelaksanaan bedah bisa dilakukan dalam jarak jauh. Ini mungkin terdengar aneh, namun fakta sudah ada dan dilakukan oleh beberapa dokter di dunia. Dengan adanya perangkat teknologi seperti saat ini manusia sangat dimudahkan sekali dalam berbagai pemeriksaan maupun dalam pengobatan.

Jadi, Teknologi di Bidang Kesehatan sudah mulai canggih dan bisa dimanfaatkan oleh semua orang khususnya tenaga medis. Dengan adanya perlengkapan teknologi di bidang kesehatan akan lebih mudah melakukan tindakan dan pemeriksaan lebih akurat serta lebih cepat jika dibandingkan dengan cara tradisional atau manual.

0 komentar:

Posting Komentar