Selasa, 19 September 2017

Ibu Perlu Mengetahui Solusi Anak Susah Makan Provitamon.com

Provitamon
Solusi anak susah makan yang baik dan tepat merupakan hal yang wajib diketahui oleh ibu. Pasalnya hampir setiap anak pernah mengalami masalah susah makan. Hal ini terjadi karena banyak faktor seperti anak terlalu sering makan manis – manis, makanan yang disediakan kurang bervariasi, dan lain sebagainya. 

Padahal anak sangat memerlukan kebutuhan nutrisi yang lengkap seperti kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang, vitamin otak untuk menambah kecerdasan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, ketika anak susah makan sang ibu harus mengupayakan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Lalu bagaimanakah cara mengatasi masalah susah makan pada anak? 
  • Pertama, Anda dapat mengakali jenis makanan yang sebelumnya tidak disukai oleh anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyelipkan atau mengolah jenis sayuran dan buah-buahan yang semula tidak disukai oleh anak Anda dengan cara yang berbeda. Misalnya ketika si kecil anda tidak suka dengan pisang dan wortel, maka Anda sebagai ibu dapat merekayasanya dengan membuat cake pisang atau muffin wortel untuk si kecil. 
  • Kedua, Kenalkan si kecil dengan berbagai jenis makanan sehat dan bergizi sejak usia dini supaya ia memiliki selera makan yang baik. Kenalkan anak dengan makanan-makan yang dapat menjadi penambah nafsu makan si kecil sepeti makanan yang mengandung vitamin C. Selain itu, makanan yang bergizi juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sehingga anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. 
  • Ketiga, jangan memaksa anak untuk memburu makan dengan cepat. Sebab hal ini akan membuat anak merasa tidak nyaman saat menghadapi momen makan sehingga sangat dikhawatirkan akan terjadi trauma makan pada anak. 
  • Keempat, anda dapat mengajak si kecil untuk menyiapkan menu makannya, sehingga anak dapat memilih manakah makanan yang ia inginkan. Anda juga dapat memberikannya reward berupa pujian untuk menambah semangat anak untuk makan. 
  • Kelima, ajarkan anak untuk suka mengonsumsi jeruk. Sebab buah jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Nah, vitamin C ini dapat berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh dan juga untuk meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan buah jeruk kepada anak untuk memenuhi asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuhnya guna mengoptimalkan proses metabolism. 

Selain dengan mengonsumsi vitamin C, solusi anak susah makan yang lain yaitu anda juga dapat memberikan kepada si kecil makanan yang mengandung vitamin B dan zinc. Vitamin B dapat berfungsi meningkatkan nafsu makan serta mengontrol suasana hati. Adapun zinc juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin B.

0 komentar:

Posting Komentar