Sabtu, 26 Desember 2015

Inilah Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Bagi anda yang memiliki baru saja dikaruniai anak pertama mungkin belum ada pengalaman dalam mengurus atau merawat bayi. Anda bisa belajar cara merawat bayi pada ibu atau anda bisa menanyakannya pada kakak yang sudah memiliki anak. Jika tidak anda bisa mencari sendiri informasi tentang cara merawat di buku-buku ataupun di situs-situs internet. Berikut ini akan dibahas sedikit tentang cara merawat bayi baru lahir, langkah-langkah yang perlu diperhatikan yaitu: Hal yang pertama tentang cara merawat tali pusar bayi yang baru lahir.

Tali pusar merupakan daerah yang sangat mudah terkena infeksi, oleh sebab itu, anda harus berhati-hati dalam merawat tali pusar. Tali pusar biasanya akan terputus setelah bayi berumur 7 hari ataupun lebih. Sehingga sebelum tali pusar terputus maka anda harus merawatnya dengan baik. Anda bisa membersihkan ujung tali pusar setiap bayi dimandikan. Anda bisa menggosok ujung tali pusar bayi menggunakan sabun antiseptic, setelah itu anda bersihkan menggunakan air hangat.

Kemudian anda keringkan menggunakan handuk kering. Hal yang kedua tentang cara merawat mata bayi baru lahir. Saluran mata bayi baru lahir belum aktif sehingga anda harus merangsangnya, hal-hal yang perlu dilakukan yaitu anda harus melakukan pemijatan di sekitar sudut mata si bayi. Caranya yaitu anda harus pastikan kuku tangan anda tidak panjang dan juga bersih. Anda bisa memijatnya dari arah bawah mata sampai ke hidung, pijat secara lembut. Anda bisa melakukannya sekitar 5 sampai 10 kali.

Kemudian apabila terdapat kotoran pada mata bayi, maka anda bisa menggunakan kapas yang bersih. Basahi kapas menggunakan air bersih. Hal yang ketiga tentang cara merawat kulit bayi anda. Anda bisa memandikan bayi anda minimal 1 kali dalam sehari. Gunakanlah sabun bayi yang mengandung provitamin B5 yang bisa menjaga kesehatan kulit bayi anda. Kemudian anda bisa menggunakan baby oil dan juga vitamin E yang bisa menjaga kelembapan kulit bayi anda. Anda juga bisa menggunakan bedak bayi yang mengandung pro vitamin B5.