Selasa, 05 Mei 2015

Keju Termahal Sedunia

Yakin atau tak, keju paling mahal didunia nyata-nyatanya tidak terbuat dari susu sapi atau kambing, melainkan dari susu keledai. Pule Cheese, nama keju paling mahal tersebut dibuat di suatu peternakan Serbia. Keju itu dibuat dari susu keledai Balkan & dipasarkan seharga USD 1.000 atau seputar Rupiah 13 juta per pon.


Keju ini berwarna putih & dikenal bersama rasanya yg khas juga rasa asin yg natural. Keju ini benar-benar dibuat dengan cara terbatas & cuma berasal dari sekelompok keledai Balkan yg hidup di peternakan Zasavica Istimewa Nature Preserve, Serbia. Salah satu argumen kenapa keju ini begitu mahal merupakan lantaran keledai tidak membuahkan tidak sedikit susu & mereka seluruhnya mesti diperah memakai tangan, tiga kali sehari.

Rata Rata, 15 keledai dapat membuahkan satu galon susu & buat menciptakan satu pon keju pule dipakai kira kira 3,5 galon. Keledai di peternakan ini cuma dapat memproduksi susu buat memproduksi lebih kurang 200 pon keju pule tiap-tiap tahunnya. Lantaran itu keju ini jadi amat mahal, seperti dilansir oleh Oddity Central.

Keledai Balkan dulunya yakni hewan yg ternama buat diternak di Serbia. Tetapi hewan ini tergantikan oleh mesin-mesin maka umumnya mereka dibunuh atau ditelantarkan demikian saja. Di Zasavica Teristimewa Nature Preserve, terdapat sekelompok keledai Balkan yg tetap dikembangbiakkan supaya tidak punah. Keju pule pula jadi salah satu trik utk mempromosikan keledai Balkan & menciptakan tidak sedikit orang mendalami mutu dari susu mereka.

"Susu keledai teramat bernutrisi & sanggup meningkatkan kekebalan badan. Kami mempunyai sekian banyak ekor keledai yg memproduksi susu. Kami pikir, mengapa tidak coba menciptakan keju dari susu keledai," ungkap Jovan Vukadinovic, manajer peternakan.

Keju Pule bukan satu-satunya faktor ternama yg sanggup dihasilkan dari susu kedelai. Konon, Ratu Cleopatra serta dikabarkan memanfaatkan susu keledai utk merawat keindahan kulitnya. Bagaimanakah, mau coba susu kedelai?