Minggu, 24 Maret 2024

Kenali 6 Jenis Digital Marketing Agency dan Perannya

Digital Marketing Agency

Di era yang serba digital ini, digital marketing menjelma menjadi bagian terpenting dari sebuah bisnis. Bisnis membutuhkan pemasaran berbasis digital untuk menghasilkan return yang menguntungkan. Tidak harus membangun tim sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency atau agensi pemasaran digital. 

Sesuai dengan namanya, agensi ini akan menawarkan layanan yang berhubungan dengan pemasaran digital. Anda bisa memilih layanannya sesuai dengan kebutuhan karena setiap jenis agensi menawarkan layanan yang berbeda. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai jenis digital agency. 

6 Jenis Digital Marketing Agency dan Perannya

Langsung saja, berikut ini jenis-jenis digital agency beserta dengan perannya masing-masing:

1. Full-Service Digital Agency

Jenis digital agency pertama yang perlu Anda ketahui adalah full-service digital marketing. Melalui namanya Anda mungkin sudah bisa menebak bagaimana layanan ini bekerja. Ya, full-service digital marketing adalah agensi yang menawarkan layanan lengkap. 

Jadi, agensi ini menyediakan semua layanan pemasaran yang berbasis digital. Mulai dari mengembangkan strategi pemasaran, iklan digital, branding, manajemen media sosial, SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimization), dan lain sebagainya.

2. Inbound Marketing Agency

Selanjutnya, ada juga inbound marketing agency. Mungkin beberapa dari Anda ada yang sudah pernah mendengar ataupun belum mendengar agensi ini. 

Inbound marketing agency adalah agensi yang fokusnya pada strategi dan taktik inbound marketing agar sebuah bisnis bisa ditemukan oleh calon pelanggan. Contohnya seperti pengembangan konten, manajemen media sosial, SEO, hingga landing page. 

3. SEO Agency

Jenis digital marketing agency selanjutnya adalah SEO agency. SEO atau Search Engine Optimization merupakan optimasi mesin pencari untuk meningkatkan rangking sebuah website di mesin pencari. 

Ketika masuk di rangking awal mesin pencari seperti Google, maka website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon klien. Beberapa hal yang dilakukan oleh agensi yaitu riset kata kunci, audit situs, optimasi konten dan halaman, analisis data, dan audit backlink. 

4. Digital Ad (PPC) Agency

Selain SEO, Anda juga bisa meningkatkan ranking mesin pencari menggunakan yang namanya digital ad atau PPC (Pay-per-Click). Namun, Anda perlu melakukan pembayaran untuk menampilkan iklan dengan PPC. Itulah sebabnya digital ad ini juga dikenal dengan nama payment ads atau iklan berbayar. Agensi bisa membantu membuat iklan digital menarik dengan biaya yang efisien.

5. Social Media Agency

Media sosial dikenal sebagai platform terbaik untuk melakukan pemasaran digital. Alasannya tentu saja karena media sosial menjadi platform yang paling sering dibuka oleh masyarakat Indonesia. 

Ada beberapa platform yang biasanya digunakan untuk pemasaran seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Agensi akan membantu memilih platform yang efektif dan efisien, melakukan manajemen konten, manajemen media sosial, serta keterlibatan pelanggan. 

6. Web Development Agency

Jenis digital agency yang terakhir yaitu web development agency. Sesuai dengan namanya, agensi ini fokus pada layanan pengembangan website. Mulai dari tahap perancangan website sampai dengan desain. Perlu Anda ketahui bahwa website sangat penting untuk branding. Pasalnya, biasanya calon pelanggan mencari informasi seputar produk atau bisnis melalui website. 

Itulah informasi mengenai jenis-jenis digital marketing agency yang bisa Anda temukan. Ketika mencari agensi pemasaran digital, sebaiknya Anda mencari full-service digital agency. Jadi, Anda bisa memilih layanan yang dibutuhkan tanpa perlu mencari agensi lainnya.

Ada satu agensi dengan layanan lengkap yang pastinya direkomendasikan untuk Anda yaitu IDEOWORKS.id. Agensi ini sudah berdiri sejak tahun 2013 dan banyak perusahaan besar yang bekerja sama. Layanannya sangat lengkap mencakup pemasaran digital maupun kreatif. Kunjungi website IDEOWORKS.id untuk informasi lebih lanjut.


0 komentar:

Posting Komentar