Selasa, 31 Oktober 2023

8 Cara Mudah dan Tepat Mengatasi Ruam Popok pada Bayi



Iritasi popok merupakan masalah umum yang sering pada bayi atau bahkan anak di usia berapapun yang masih menggunakan popok. Terjadinya ruam popok pada bayi merupakan sumber ketidaknyamanan dan dapat membuat kegelisahan bagi si kecil sehingga membuat bayi menjadi rewel dan sering menangis, sehingga penting untuk Anda ketahui cara mengatasi ruam popok pada bayi.


Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi terjadinya ruam popok dan mencegahnya tumbuh kembali di masa mendatang. Berikut adalah panduan untuk orang tua mengenai cara mudah dan tepat mengatasi ruam popok pada bayi:


1.Selalu Perhatikan Kebersihan Popok


Pastikan Anda selalu mengganti popok bayi secara teratur, setidaknya setiap 2-3 jam sekali atau lakukan penggantian segera setelah popok basah atau terlihat kotor. Jangan lupa untuk membersihkan area popok dengan lembut dan menyeka dengan kain lembut atau tisu bayi untuk membantu mencegah iritasi lebih lanjut.


2. Sesekali Biarkan Kulit Bayi Bernafas Tanpa Popok


Biarkan kulit bayi bernapas dengan memberikan waktu tanpa popok setiap hari. Biarkan bayi untuk berbaring telanjang atau hanya mengenakan pakaian yang longgar selama beberapa saat agar udara dapat mengalir dengan baik di sekitar area popok. Ini bertujuan untuk membuat kulit bayi tetap kering, karena kulit yang lembab merupakan faktor utama terjadinya ruam popok.


3. Lakukan Pemilihan Popok yang Tepat Usia


Pilihlah popok yang cocok dengan ukuran dan jenis kulit bayi. Popok yang terlalu ketat atau terlalu longgar dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan sehingga menyebabkan terjadinya ruam popok. Anda bisa memilih popok yang mempunyai daya super serap dengan baik dan dapat menjaga kulit bayi tetap kering.


5. Gunakan Air Hangat Ketika Membersihkan


Gunakan air hangat dan kain lembut atau tisu bayi untuk membersihkan area popok. Hindari menggunakan produk pembersih yang mengandung alkohol atau pewangi yang keras, karena hal ini dapat membuat kulit bayi lebih rentan terhadap iritasi.


Dengan perawatan yang tepat dan melakukan langkah mengatasi ruam popok pada bayi yang sederhana, ruam popok dapat diatasi dengan cepat. Rekomendasi popok untuk mengurangi ruam adalah popok yang berkualitas dari MAKUKU SAP Diapers, berkat teknologi SAP atau Super Absorbent Polymer, yang membuat popok lebih tipis sehingga nyaman ketika digunakan si Kecil, selain itu popok ini juga mempunyai daya serap maksimal yang cepat dan penyerapan yang merata secara menyeluruh ke permukaan popok, sehingga menjadi popok yang efektif untuk mengurangi ruam popok pada bayi.

0 komentar:

Posting Komentar