Minggu, 27 November 2022

Ketahui Biaya Kuliah Jurusan Radiologi dan Prospek Kerjanya



Kuliah jurusan radiologi sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tertarik mengoperasikan alat-alat medis yang berhubungan dengan radiasi, seperti CT scan, rontgen, dan sebagainya. Biaya kuliah jurusan radiologi relatif berbeda di setiap kampus, namun pengalaman belajar selama kuliah yang terbaik bisa dirasakan jika memilih untuk menempuh pendidikan di Universitas Indonesia. 


Universitas Indonesia merupakan institusi pendidikan tinggi terbaik di indonesia yang menyediakan jurusan radiologi. Dimana jurusan radiologi sendiri merupakan cabang ilmu kesehatan dimana radiologi sendiri mempelajari hal-hal terkait pemindaian dan diagnosis tubuh manusia bagian dalam. Pemindaian dan diagnosis yang dilakukan dalam cabang ilmu radiologi menggunakan implementasi radiasi gelombang. 


Banyak hal yang bisa dipelajari dalam program pendidikan yang mengambil jurusan radiologi. Sebelum mempelajari terkait penggunaan radiasi gelombang untuk memindai bagian dalam tubuh manusia, mahasiswa yang mengambil jurusan biologi juga akan belajar banyak aspek terkait ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia hingga teknik radiografi itu sendiri. 


Di Universitas Indonesia sendiri jurusan radiologi termasuk dalam fakultas kedokteran Indonesia yang telah didirikan cukup lama, fakultas ini didirikan sejak tahun 1980-an. Program studi radiologi termasuk kedalam program pendidikan S1 yang telah memiliki akreditasi A. Tentunya, hal ini menjadi pilihan terbaik bagi para lulusan yang akan melanjutkan kuliah radiologi di UI. 


Prospek Kerja Jurusan Radiologi




Untuk bisa bekerja dibidang radiologi, para mahasiswa biasanya harus menempuh pendidikan radiologi selama 3,5 tahun sampai 4 tahun. Hal ini juga membuat biaya kuliah jurusan radiologi harus dipertimbangkan dan disiapkan terlebih dahulu agar mempermudah kelancaran selama masa belajar hingga lulus. 


Mereka yang lulus kuliah jurusan radiologi memiliki beberapa prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan dari jurusan radiologi ini memiliki peluang kerja yang beragam, beberapa diantaranya tentu bisa bekerja sebagai radiografer, ahli terapis radiologi, hingga memiliki peluang bekerja sebagai dosen. 


  1. Radiografer


Kalangan masyarakat saat ini masih banyak yang belum mengetahui bidang pekerjaan sebagai radiografer. Karena profesi ini cenderung bekerja tanpa seragam resmi di beberapa rumah negeri. Seorang radiografer biasanya tidak bekerja menggunakan seragam dokter atau tenaga kesehatan secara umum, mereka bekerja menggunakan pakaian kantor biasa dan dilindungi oleh apron (pelindung tubuh yang sesuai) juga beberapa alat pelindung diri lainnya. 


Seorang radiografer masuk ke unit penunjang medis dimana seorang radiografer bekerja di unit radiologi bersama dokter spesialis radiologi. Sebagai unit penunjang medis radiografer bertugas membuat foto rontgen untuk membantu menegakan diagnosa penyakit dengan memeriksa bagian dalam organ tubuh pasien yang dipindai menggunakan sinar X. Radiasi sinar X yang digunakan radiografer nantinya akan mampu memperlihatkan bagian dalam tubuh pasien berikut dengan hasil pemindaian nya tanpa perlu melakukan pembedahan secara langsung pada tubuh pasien. 


  1. Ahli Terapis Radiologi


Ahli terapis radiologi juga bekerja di unit radiologi sebagai penunjang medis. Mereka yang bekerja di bidang ini harus memiliki kemampuan khusus di bidang teknis dan medis. Seorang ahli terapis radiologi juga akan bekerja mengoperasikan alat-alat medis yang berkaitan dengan radiasi seperti rontgen, CT scan, MRI, dan lain sebagainya. Seorang ahli terapis radiologi nantinya juga harus melakukan proses diagnosis medis yang akan digunakan untuk kepentingan terapi. Mereka yang bekerja di bidang ini akan membantu proses penyembuhan pasien dengan melakukan terapi radiologi. 


  1. Dosen


Selain bekerja langsung sebagai tenaga medis yang bekerja di dalam unit penunjang untuk menegakkan diagnosis. Lulusan jurusan radiologi juga memiliki prospek kerja sebagai dosen ilmu radiologi. Dengan mempelajari ilmu radiologi lebih dalam di bidang teori, mereka bisa menjadi dosen nantinya.


Nah, itulah beberapa prospek kerja lulusan jurusan radiologi. Bagi kalian yang tertarik untuk kuliah di jurusan ini bisa mengetahui informasi terkait biaya kuliah jurusan radiologi di UI dengan mengunjungi tautan berikut: https://fk.ui.ac.id/departemen-radiologi.html.

0 komentar:

Posting Komentar