Rabu, 29 Desember 2021

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak di Rumah

Orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik dan memastikan Si Kecil tumbuh berkembang dengan baik. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan baik, salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Anak-anak membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai usianya. Bermasalah pada pemenuhan kebutuhan nutrisi mereka bisa menyebabkan masalah pertumbuhan yang berlanjut hingga dewasa. Berikut ini adalah cara memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang bisa Anda lakukan:

Biasakan Sarapan Pagi

Sarapan pagi sebenarnya menjadi kebiasaan yang sangat penting baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Anda tidak boleh membiarkan Si Kecil melewatkan waktu makan pagi sekali pun. Banyak manfaat dari sarapan seperti menambah energi, meningkatkan fokus, hingga memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Biasakan Mengonsumsi Makanan Sehat

Bukan hanya orang dewasa saja yang suka junk food atau fast food, anak-anak juga menyukai kedua makanan yang kurang sehat tersebut. Namun Anda harus berusaha menjauhkan Si Kecil dari makanan-makanan yang kurang sehat. Pastikan Si Kecil mendapatkan makanan sehat agar nutrisinya terpenuhi. Makanan sehat bukan hanya sayur dan buah namun juga susu, ikan, daging ayam, dan lain sebagainya.

Makanan dalam Porsi Kecil Saja Cukup

Beberapa orang tua berpikir jika memberikan makanan dalam porsi besar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Padahal sebenarnya Anda lebih dianjurkan untuk memberikan makanan dalam porsi kecil namun teratur. Nafsu makan anak menurun ketika memasuki usia 1-3 tahun, jika memberikan porsi besar bisa saja makanannya tidak akan habis.

Pilih Camilan Anak yang Sehat

Anak-anak cenderung lebih suka ngemil dibandingkan dengan makan besar. Oleh sebab itu, Anda wajib memperhatikan cemilan apa yang mereka konsumsi. Hindari cemilan yang kurang sehat dan mengandung banyak micin. Sebagai gantinya berikan camilan sehat seperti potongan buah, roti isi tuna, atau yogurt.

Usahakan Anak Menghabiskan Makanan

Satu piring makanan anak mengandung banyak nutrisi yang mereka butuhkan. Misalnya seperti nasi, sayur, ikan, hingga buah-buahan sebagai pelengkap. Jika ingin memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, maka semua menu tersebut harus mereka habiskan. Jangan biarkan Si Kecil menyisakan makanannya. Jadi berikan makanan yang tidak melebihi porsi mereka.

Ajak Anak Memilih Makanannya

Salah satu cara untuk meningkatkan minat anak terhadap makanan sehat seperti sayur dan buah adalah melibatkan mereka dalam pemilihan makanan. Ajak Si Kecil untuk memilih bahan makanan yang mereka inginkan. Hanya sediakan bahan-bahan yang sehat di dalam kulkas agar mereka tidak memilih bahan makanan lainnya.

Jadilah Contoh

Cara terakhir dan sangat penting untuk diterapkan adalah menjadi contoh. Sebagai orang tua dan panutan bagi anak, Anda harus menjadi contoh dengan mengonsumsi makanan sehat. Bukan hanya bermanfaat untuk anak saja, kebiasaan tersebut sebenarnya juga bermanfaat untuk kesehatan Anda sendiri. Ajak serta keluarga lainnya untuk selalu menerapkan pola makan sehat.

Itulah cara memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang bisa Anda lakukan. Sedangkan untuk Anda yang bekerja di bidang pediatri dan nutrisi anak, Anda bisa menambah ilmu dan informasi terbaru di Nutricia Professional. Platform profesional tersebut dibangun untuk para profesional di bidang pediatri dan juga nutrisi.

Banyak hal yang bisa Anda dapatkan apabila bergabung dengan Nutricia Professional seperti relasi, ilmu baru, pengalaman baru, dan lain sebagainya. Tersedia empat fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh setiap member mulai dari E-Module, Web Seminar, Event Calendar, dan juga Expert’s Podcast. Website resmi dari Nutricia Professional yaitu www.nutriciaprofessional.id. 

0 komentar:

Posting Komentar