Kamis, 29 April 2021

6 Bahan Makanan Nutrisi Tinggi Ini Cocok Diberikan Untuk Anak

makanan nutrisi tinggi

Menyuapi si buah hati bukanlah utusan mudah dan menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Hal ini dikarenakan ibu harus memberikan makanan nutrisi tinggi kepada si kecil agar dapat tumbuh sehat dan cerdas. Sebagian ibu mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan gizi si kecil karena kurang nafsu makan. Oleh sebab itu, para ibu harus lebih kreatif lagi dalam mengolah makanan yang bergizi agar si kecil senang memakannya.

Bahan Makan Kaya Nutrisi Untuk Anak

Sebagai seorang ibu Anda tentu mengetahui bahwa anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang banyak untuk mendukung proses tumbuh kembang mereka. Untuk mencukupi kebutuhan gizi tersebut berikut merupakan beberapa bahan makanan yang baik diberikan kepada anak Anda.

Ikan

Ikan sangat baik diberikan kepada anak usia 1 tahun ke atas karena mengandung banyak protein. Hasil laut Indonesia yang melimpah membuat harga ikan terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, Anda pun dapat memberikan ikan air tawar pada si kecil.

makanan nutrisi tinggi

Ikan tidak hanya sebagai sumber protein karena mengandung vitamin dan mineral lainnya. Ikan salmon sangat baik diberikan kepada si kecil karena mengandung asam lemak omega 3, kolin dan vitamin B12. Kandungan gizi pada ikan salmon sangat baik untuk perkembangan otak anak sehingga anak akan tumbuh cerdas. Anda juga bisa memberikan ikan jenis lainnya seperti lele, nila, bandeng, gurame dll.

Sayur

Sayur juga menjadi elemen penting dalam memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Hal ini dikarenakan setiap sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Selain itu, sayur juga kaya akan serat sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Pencernaan yang sehat akan membuat si kecil lebih nafsu makan sehingga kebutuhan gizinya pun akan terpenuhi dengan baik.

Buah

Jika dibandingkan dengan sayur, buah mungkin masih lebih disukai oleh anak-anak. Hal ini disebabkan buah memiliki rasa yang segar, manis dan asam. Selain itu, penyajiannya juga cukup mudah yaitu bisa dimakan langsung. Agar tidak bosan, Anda juga bisa membuatnya menjadi smoothies atau jus yang segar.

Warna buah yang berbeda-beda menandakan bahwa buah tersebut mengandung vitamin dan mineral yang berbeda-beda pula. Agar si kecil mendapat semua vitamin dan mineral tersebut maka berikan buah yang berbeda setiap harinya.

Kacang-Kacang

Kacang-kacangan juga dapat Anda gunakan sebagai alternatif sumber protein nabati. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung zat penting lainnya yang diperlukan oleh si kecil. Untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir si kecil Anda dapat memberikan kacang merah karena tinggi zat besi. Berikan pula kacang kedelai untuk mendukung pertumbuhan tulang dan pembentukan sistem kekebalan pada si kecil. Kacang kedelai juga bermanfaat untuk menjaga fungsi organ agar dapat bekerja dengan baik.

Telur

Bahan makan yang satu ini sangat terjangkau dan mudah didapatkan. Menarinya, telur juga dapat dikreasikan menjadi berbagai olahan enak dan menarik. Telur hampir mengandung semua vitamin yang diperlukan tubuh kecuali vitamin C. Kuning telur merupakan bagian terbaik karena mengandung kolin. Kolin tersebut merupakan nutrisi yang diperlukan otak dalam masa tumbuh kembang.

Susu

Setelah lepas dari ASi eksklusif, si kecil tetap perlu diberikan susu pendamping. Susu merupakan sumber kalsium utama yang berperan dalam pembentukan otot, tulang dan gigi. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium dan fosfor maka Anda dapat tumbuh tinggi dengan normal serta memiliki tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, susu juga telah diperkaya dengan kandungan vitamin dan gizi penting lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar