Senin, 16 September 2019

Saat Teknologi Terbaru di Bidang Informasi Memberi Dampak

Hasil gambar untuk Saat Teknologi Terbaru di Bidang Informasi Memberi Dampak

Aneka smartphone yang banyak dijual bebas dengan berbagai versi menjadi satu bukti bahwa perkembangan teknologi berkembang cukup pesat. Kalau dulu gadget hanya dipakai untuk menjalin komunikasi lewat suara atau sms namun kini sudah cukup banyak yang bisa dilakukan. Foto, permainan dan aplikasi lainnya adalah sebagian dari manfaat yang ada. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menjadikan gadget sebagai ‘kantor’ berjalan.

Adapun teknologi terbaru di bidang komunikasi lewat gadget ini terus digemari oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak anak, remaja hingga para orang tua sekalipun sudah sangat mudah ditemui dengan gadget di tangan. Hanya saja, kemudahan demi kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone ini sebaiknya dibarengi dengan beberapa tindakan positif.

Sebut saja pengguna gadget adalah seorang anak yang notabene masih sangat riskan untuk memakainya sehari hari. Selain dapat mempengaruhi sistem otak maupun motorik, si kecil juga menjadi kurang aktif. Atau, di kalangan anak pelajar dimana menyelesaikan segala tugas hanya bermodalkan gadget yang tentu saja mengurangi daya kreatifitas mereka. Nah, tentu saja peran orang tua sangat diperlukan disini dengan cara membimbing dan mengarahkan.

Salah satunya dengan melakukan tindakan pencegahan yaitu mengunci beberapa aplikasi yang memang belum layak untuk dikonsumsi oleh mereka. Begitu juga dengan remaja hingga orang dewasa sekalipun haruslah tetap memasang ‘alarm’ agar tidak terjerumus ke dalam hal yang buruk.

Artinya apa? Teknologi terbaru sekalipun bisa mendatangkan dampak yang kurang baik jika si pemakai tidak bisa memanfaatkannya. Tidak sedikit kita mendengar pasangan yang sudah menikah harus bercerai dikarenakan kenalan di sosial media. Atau, anak anak yang cenderung anarkis hanya karena melihat adegan buruk melalui smartphone.

Sebaliknya, ada juga yang berhasil membantu banyak orang dengan cara menulis tentang kisah kehidupan atau menggalang dana. Atau, seorang pebisnis yang tadinya mengalami kebangkrutan akhirnya menjadi milyuner karena perjuangannya lewat bisnis online. Jadi, semua kembali kepada kita apakah mau memanfaatkan gadget dengan baik untuk mendatangkan keuntungan atau justru dimanfaatkan olehnya. 

0 komentar:

Posting Komentar