Selasa, 30 Oktober 2018

3 Kiat Sukses Untuk Bisnis Kuliner Rumahan

Jika Anda memperhatikan dengan seksama, walaupun kondisi perekonomian Indonesia saat ini sedang melemah, dollar yang semakin naik dan menyebabkan daya beli menurun, tapi bisnis yang satu ini seakan tidak ada matinya. Tetap stabil atau bahkan meningkat dari waktu ke waktu. Ini dikarenakan basic manusia itu sendiri yang selalu membutuhkan makan untuk bertahan melalui hidup. Seberapa pun kesusahan yang dihadapi, makan tetap perlu untuk menunjang keberlangsungan hidup. Karena itu, tidak ada salahnya kita melirik usaha yang satu ini jika ingin membangun suatu bisnis baru. Tidak perlu langsung membuka sebuah rumah makan ataupun restoran besar, cukup dengan serius mengembangkan bisnis kuliner rumahan, misalnya. Karena modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Karena biaya sewa dan penyediaan meja makan dan segala kebutuhannya tidak perlu dipikirkan lagi.

Banyak yang sudah paham, bahwa bisnis kuliner rumahan ini akan memberikan keuntungan besar dengan modal yang kecil. Karena itu, banyak berlomba untuk membangun usaha ini. Namun begitu, Anda yang baru pertama kali ingin menapaki bisnis ini, tidak perlu merasa khawatir. Berikut kiat-kita yang perlu Anda ketahui untuk kesuksesan bisnis :

Mengetahui pangsa pasar

Dengan mengetahui pangsa pasar produk Anda, maka Anda sudah dapat mengetahui, kemana harus menjual usaha kuliner Anda ini. Menjadi berbeda dan lebih spesifik sepertinya akan lebih bagus daripada menyasar pasar yang lebih luas. Misalkan masakan Anda memang diperuntukan bagi mereka yang vegetarian. Fokuslah di sana dan gali potensi pasar tersebut.

Pelayanan

Sudah bukan rahasia umum, pelanggan itu berkeinginan dilayani sebaik mungkin. Jadi, setiap pembeli yang datang kepada Anda, usahakan untuk memberikan service terbaik. Berikan kesan yang mendalam sehingga mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal kepada Anda. Membangun bisnis memang tidak sekedar menjual, pelayanan yang baik juga termasuk dalam kunci kesuksesan usaha Anda. Tidak sedikit usaha yang tutup hanya kerena memberikan pelayanan buruk kepada konsumennya.

Promosi

Bisnis rumahan memang tidak lagi memikirkan tempat yang strategis, karena itu butuh cara untuk memperkenalkannya kepada khalayak ramai. Dan promsosi di sosial media menjadi yang efektif untuk saat. Perkenalkanlah brand Anda setiap saat kepada pangsa pasar yang Anda tuju. Namun begitu, jika Anda ingin membuat iklan pengenalan produk, sebaiknya lakukan di jam-jam prime time.
Demikian beberapa kiat sukses bagi Anda yang ingin bisnis kuliner rumahan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar