Jumat, 15 April 2016

Memahami Panel Listrik ATS Dan AMF

Bagi anda pengguna listrik mungkin baru mengenal istilah listrik ATS, padahal mungkin bagi sebagian kita sering menggunakannya di rumah. Panel Listrik ATS dan AMF merupakan suatu instrumen kelistrikan yang dalam fungsinya memiliki peran yang sangat penting terutama saat aliran listrik dari PLN yang mati secara tiba-tiba, adanya panel listrik ATS dan AMF ini akan bekerja secar aotomatis dalam menggantikan suatu sumber daya. Adanya listrik ATS berperan bagi mereka yang mempunyai berbagai alat elektronik dan menghindari keruksakan akibat pemadaman listrik yang mendadak. 

Panel Listrik ATS (Automatic Transfer Switch) sendiri terdiri dari dari rangkaian listrik yang di dalamnya dapat berfungsi sebagai saklar listrik, fungsinya akan sangat dirasakan apabila aliran listrik yang ada diputus secara tiba-tiba. Dengan adanya panel listrik ATS maka panel yang ada akan bekerja dalam memindahkan pengambilan sumber listrik dari sumber-sumber lain yang seperti dengan menggunakan mesin genset atau diesel menggantikan aliran listrik yang diputus. 

Selain itu pada panel ini juga dapat bekerja dalam menyalakan kembali secara otomatis jika aliran listrik dari sumber awal seperti PLN telah menyala kembali, sehingga sumber listrik yang digunakan tetap memakai PLN. Selain listrik ATS ada juga panel AMF (Automatic Main Falure) yang pada fungsinya hampir sama dengan listrik panel ATS. Disini bedanya pada AMF rangkaian elektrik atau panel yang bekerja secara otomatis pada perangkat generator atau genset dalam menghidupkan atau mematikan. 

Dalam bekerjanya panel AMF ini akan menghidupkan genset yang ada secara otomatis jika aliran listrik dari PLN mati, juga sebaliknya akan mematikan aliran genset jika aliran listrik dari PLN yang ada tekah mengalir kembali. 

Dalam penggunaan panel listrik ATS dan AMF ini tentunya lebih baik jika dijalankan secara bersamaan sehingga dalam penggunaannya lebih baik dan lebih ringkas. Selain itu dengan menggabungkan panel yang sama tentunya dalam pengeluaran biaya pun akan lebih hemat. Penggunaan panel ATS dan AMF secara digabungkan banyak dilakukan pada pabrik-pabrik ataupun pada gedung, selain itu panel ini jug abisa dilakukan pada berbagai hotel-hotel dan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar