Rabu, 13 Mei 2015

Kandidat Kuat Pengganti Joseph "Sepp" Blatter

Joseph "Sepp" Blatter memutuskan buat mundur dari posisinya sbg Presiden FIFA kepada Rabu (3/6/2015). Dalam keterangannya, Blatter mengaku lumayan susah buat membawa ketentuan mundur tersebut.


Ketentuan meninggalkan jabatan yg sudah diduduki sejak 1998 itu diduga lantaran kasus korupsi yg menimpa institusi pimpinannya. Dalam pendapat di BBC, FIFA akan sesegera kemungkinan menggelar Kongres buat memastikan Presiden baru.

"Mandat aku tampaknya tak didukung oleh seluruhnya orang," demikian kata Blatter sama seperti dilansir dari BBCSport.

Blatter resign dari jabatan nomor wahid di FIFA sepekan sesudah terpilih dalam Kongres FIFA di Zurich, Swiss 29 Mei 2015 dulu. Dalam opini resmi, Blatter sudah mencurahkan setengah usianya buat memajukan Tubuh sepakbola dunia itu.

"Saya senantiasa memikirkan jabatan ini. Waktu-waktu aku di FIFA sewaktu 40 thn sudah jadi sektor dari hidup aku," papar Blatter. Pemilihan presiden baru pengganti Blatter mampu dilakukan antara Desember 2015 atau Maret 2016.

Waktu Ini, wacana serta bergulir pada siapa yg dapat menukar opa berumur 79 th ini? Liputan6.com cobalah merangkum 5 kandidat kuat pengganti Blatter yg paling bisa jadi menduduki posisi satu di FIFA tersebut. Berikut rinciannya seperti terhampar di 5 halaman berikutnya :

1. Jerome Valcke

Sekjen FIFA,Jerome Valcke paling bisa jadi buat gantikan bosnya di posisi Presiden FIFA. Maklum, Valcke yg telah bertugas di FIFA sejak 2003 adalah orang kepercayaan Joseph Blatter.

Tetapi pencalonannya dapat terganjal bila terkuak bukti baru terkait korupsi di Piala Dunia 2010. Bukti kedekatan Blatter bersama Valcke sanggup kelihatan dari kasus yg menimpanya dikala menjabat direktur marketing FIFA kepada 2006 dulu. Beliau pernah berbohong terhadap sponsor FIFA, MasterCard & Visa.

Bukannya dipecat, Valcke malah diangkat jadi Sekjen FIFA. Nah, Valcke dapat menggunakan pamor Blatter buat mendapati voter yg berjumlah 209 federasi. Tetapi, ini sekali lagi dimungkinkan apabila Valcke tidak terjerat korupsi.

2. Michel Platini

Michel Platini sampai kini senantiasa berseberangan bersama Sepp Blatter. Tidak jarang, Platini melemparkan ancaman & kecaman pedas pada laki-laki asal Swiss tersebut.

Meskipun begitu, Blatter tiga th dulu malah lempar pujian pada Platini. "Dia mampu menjadi Presiden FIFA," ucapnya. Nah, ini boleh menjadi momentum bagus bagi Platini, eks pemain timnas Prancis buat naik jabatan jadi presiden FIFA.

Dukungan penuh dari federasi anggota UEFA pasti dapat didapatkan. Pamor Platini di sekian banyak negeri lain pula lumayan harum & Platini pun berpengalaman di organisasi. Penyebab Blatter mundur pula boleh menjadi sebab ancaman dari Platini yg mengaku akan kumpulkan anggota UEFA utk mundur dari keikutsertaan di Piala Dunia 2018.