Selasa, 07 April 2015

Gaun Kebaya Modern

Gaun atau dress memiliki dua jenis, yaitu long dress dan mini dress. Tetapi bagi sebagian kaum perempuan di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim maka kebanyakan yang digunakan adalah long dress. Kebaya yang identik dengan adat-adat daerah di Indonesia kini telah dipadu-padankan sebagai gaun kebaya modern. Kebaya yang dianggap sebagian masyarakat hanya digunakan pada saat acara resmi kraton, kini sudah menyebar luas pada acara-acara resmi atau pun semi-resmi, misalnya pesta pernikahan, wisuda, syukuran, dan lain-lain. Tidak diragukan lagi perpaduan keduanya antara kebaya dengan gaun memberikan kesan tersendiri bagi siapa pun yang melihatnya.


Bermula dari long dress yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyakarat terutama di kalangan perempuan. Melalui beberapa rancangan yang dari tahun ke tahunnya terus mengeluarkan model-model yang lebih menarik perhatian. Keberadaan kebaya kini lebih indah lagi dengan tidak mengesampingkan etika dan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.
Pada dasarnya kebaya yang sedang booming saat ini sama dengan kebaya yang dari sejak dulu sudah digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Dengan ciri khasnya yang indah, cantik, mewah, dan elegan. Kini tampilannya menjadi lebih sederhana (tidak terlalu menonjol). Hal ini dikarenakan paduan antara gaun yang berasal dari bahan kain biasanya tidak memiliki corak, sedangkan kebaya itu sendiri dibubuhi beberapa payet-payet sebagai hiasan untuk mempercantik kebaya. Payet-payet ini berfungsi untuk menimbulkan efek elegan pada kebaya yang memiliki bahan dasar polos (tidak memiliki benang emas) sehingga siap pun yang melihatnya akan merasa senang dengan gaun kebaya yang dipakai.


Selain itu, perlu diperhatikan juga penggunaan aksesoris, sepatu, dan kerudung serta tas. Jangan sampai antara kebaya, aksesoris, sepatu, dan kerudung serta tas yang digunakan terlihat tumpah tindih satu sama lain. Hal ini dapat menimbulkan efek pemandangan yang kurang baik bagi yang melihatnya. Sebaliknya keselarasan antara kebaya, aksesoris, sepatu, dan kerudung serta tas akan menimbulkan efek positif bagi siapa pun yang melihatnya sehingga rasa nyaman pun akan tumbuh sendiri dari para pemakainya atau dari yeng melihatnya.